HIV/AIDS Fenomena Gunung Es, Banyak yang Tidak Terdeteksi

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 289

HIV/AIDS Fenomena Gunung Es, Banyak yang Tidak Terdeteksi
KAMPANYE - Kampanye Hari AIDS Sedunia di Pontianak, Minggu (3/12). (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Firdaus Zarin menyebutkan HIV/AIDS merupakan fenomena gunung es. Tampak kecil di atas, namun besar di bawah.

Bisa ada kemungkinan, jumlah kasus temuan baru yang didapat, tidak lebih sedikit dari mereka yang belum ketahuan.

"Mungkin banyak juga yang tidak melapor ke dinas terkait atau relawan-relawan peduli AIDS yang berhimpun. Artinya kalau terjadi penurunan berarti kerjanya terukur, tetapi kalau misalnya fenomena gunung es di bawahnya mungkin masih banyak yang perlu ditangani," ucapnya, Minggu (3/12).

Mereka yang tidak terdeteksi, menurut politisi Partai Nasdem ini berbahaya. Apalagi dalam perkembangan sebuah kota, gaya hidup tentu tak lepas. Misalnya pergaulan bebas sampai kasus perselingkuhan.

Belum lagi jika memanfaatkan jasa Pekerja Seks Komersial (PSK) atau gonta ganti pasangan tanpa menggunakan pengaman.

"Sehingga mempunyai potensi terjadinya infeksi menular seksual. Ini bisa terjadi. Artinya mungkin mereka belum memahami," ucapnya.

Pemahaman soal seks berisiko perlu dijelaskan ke semua orang. Jangan sampai ada yang terinfeksi HIV lantaran ketidaktahuan mereka. Zarin kembali mengulang, mereka yang ada di luar populasi kunci, perlu juga dapat perhatian. (bls)