Temuan Baru, ODHA Negatif HIV Setelah Rutin Konsumsi ARV

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 2053

Temuan Baru, ODHA Negatif HIV Setelah Rutin Konsumsi ARV
KAMPANYE - Kampanye Hari AIDS Sedunia di Pontianak, Minggu (3/12). (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP – Terkait HIV/AIDS, ada sebuah temuan, seorang ODHA ketika dites hasilnya justru negatif. Ini lantaran dia rutin minum ARV (antiretroviral)

Ketua KPAI Pontianak, Lusi Nuryanti menyebutkan, sebenarnya tidak perlu takut untuk melaporkan diri jika terinfeksi virus HIV.

"Kita punya temuan seorang sopir truk yang sudah positif HIV setahun. Rajin minum obat ARV, kemudian kemarin tes hasilnya negatif," katanya usai Kampanye Hari AIDS Sedunia di halaman Palang Merah Indonesia (PMI) Pontianak, Minggu (3/12).

Lusi menegaskan sudah ada bukti di Pontianak, jika rajin minum ARV (antiretroviral) virus bisa tidak terdeteksi. Konsumsi ARV bagi ODHA memang harus kontinu dan tepat waktu.

Namum demikian, meskipun hasil tes negatif, yang bersangkutan tetap minum ARV. Lusi menjelaskan fenomena ini seperti diabetes, ketika dites gula darahnya normal tapi yang bersangkutan tetap diabetes.

Saat ini, secara umum Kalbar berada di peringkat 13 penemuan kasus HIV tertinggi. Sebelumnya, urutan lima dan delapan besar sering diduduki. Indikator peringkat ini dilihat dari jumlah temuan baru.

"Kita mendorong orang sebanyak-banyaknya tes, sudah 11.633 orang tes. Kita sedang mengejar zero new infection atau mengejar angka HIV baru rendah,” pungkasnya. (bls)