Kalbar Rentan Konflik Pilkada, Kapolda: Rawan Itu Masalah Hati

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 268

Kalbar Rentan Konflik Pilkada, Kapolda: Rawan Itu Masalah Hati
Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Didi Haryono. (SP/Anugerah)
PONTIANAK, SP - Kapolda Kalbar Brigjen Pol Didi Haryono menegaskan, mendukung penyelenggaraan Pilkada serentak 2018 di Kalbar berjalan sebagaimana mestinya.

"Kami dari Polri tentunya mendukung semua kegiatan-kegiatan yang memang menjadi program-program pemerintah. Baik program pemerintah pusat, maupun program pemerintah daerah di Provinsi Kalimantan Barat ini," ujarnya, kemarin.

Guna mewujudkan Pilkada demokratis di Kalbar, dia menuturkan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan penyelenggara Pemilu dan stakeholder lainnya.

Menanggapi Kapolri dan Bawaslu RI yang menyatakan Kalbar termasuk daerah rawan terjadi konflik pada Pilkada mendatang, bagi dia, hal itu dikembalikan kepada masyarakat yang ada di Kalbar.

Menurutnya, kerawanan konflik bisa dicegah selama berbagai pihak berkomitmen untuk meredam hal tersebut terjadi.

"Tentunya warga Kalbar pada umumnya sudah melek, sudah pintar. Internet sudah berjalan, sehingga warga kita ketika akan melakukan memilih siapa calon pimpinannya, tentu sudah tahu semua kualitas dari pada calon pimpinannya. Karena bagaimana pun juga, kita ingin wilayah kita ini maju dalam situasi yang kondusif," terangnya.

Dia mengingatkan, konflik tidak akan terjadi bila semua pihak menyikapinya dengan hati. (umr)