Dinas Siapkan Program Kelanjutan Bujang Dare Pontianak

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 72

Dinas Siapkan Program Kelanjutan Bujang Dare Pontianak
Finalis Bujang Dare Pontianak 2017. Net
PONTIANAK, SP - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Pontianak mempersiapkan program berkelanjutan untuk Bujang Dare Pontianak. Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud, Rendrayani mengungkapkan pihaknya tak ingin Bujang Dare selesai begitu terpilih. 

"Semua Bujang Dare, 30 orang itu semua masuk dalam keluarga besar Bujang Dare, dan kami minta mereka menyusun program kerja," ucapnya Senin (4/12).

Selama ini Bujang Dare mendampingi pihak pemerintah ketika ada acara. Rendrayani ingin mereka punya program sendiri untuk memajukan wisata dan budaya. 

"Kemarin tercetus, mereka membuat kayak kelas menari. Saya sarankan mereka buat tanjidor, karena tanjidor ini orangnya sudah tua-tua, cuma itu masih dalam tahap perencanaan ke depan," katanya. 

Kegiatan-kegiatan kesenian dipilih lantaran ketika malam bakat, banyak Bujang Dare yang pandai menari. Jika mereka digabungkan, tak hanya jadi pendamping, saat acara mereka juga bisa jadi penampil. Hitung-hitung sekalian asah kemampuan. 

"Kami juga mau beri pelatihan pemandu wisata ke mereka, jadi mereka tahu. Mereka sudah dikasih materi tentang objek wisata dan public speaking, tapi kalau dia praktik, jauh lebih paham dia," ungkapnya. 

Sebagai pemateri, pihaknya akan bekerja sama dengan sekolah pariwisata. Meminta bantuan pengajar bagaimana teknik supaya orang menarik dengan cerita mereka. 

"Mudah-mudahan dengan pembekalan, bisa lebih menarik orang untuk datang ke Pontianak," imbuhnya. 

Sebagai bentuk promosi, Disdikbud akan mengaktifkan semua media sosial yang ada. Salah satunya akun resmi Bujang Dare Pontianak. Selain itu, web khusus Bujang Dare akan dibuat. 

"Jadi ke depan seleksi sudah terprogram, data-data juga dimasukkan semua Bujang Dare. Pendaftaran nanti juga online," pungkasnya. (bls/bah)