UPLKB Kalbar Berganti BP-PAUD dan Dikmas

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 456

UPLKB Kalbar Berganti BP-PAUD dan Dikmas
Staf Analisis SDM BP-PAUD dan Dikmas Kalbar, Edy Poerwanto. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Setelah diberlakukannya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Unit Pengembangan dan Latihan Kegiatan Belajar (UPLKB) yang sebelumnya bernaung di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalbar, beralih kewenangan di bawah Dirjen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Kemendikbud RI.

Peralihan kewenangan tersebut juga seiring dengan Peraturan Mendikbud Nomor 5 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas. Sehingga selain peralihan kewenangan, UPLKB juga berganti nomenklatur menjadi BP-PAUD dan Dikmas Kalbar.

"Perpindahan (UPLKB) menjadi BP-PAUD dan Dikmas Kalbar ini, sejak Februari 2017. Kewenangannya sekarang di bawah Dirjen PAUD dan Dikmas," ujar Staf Analisis SDM BP-PAUD dan Dikmas Kalbar, Edi Poerwanto, kepada Suara Pemred, Selasa (5/12).

BP-PAUD dan Dikmas Kalbar berlokasi di Jalan Raya Jungkat Nomor 50, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah.

Edy menjelaskan, salah satu unit pelaksana teknis di Kemendikbud ini memiliki tugas di antaranya melaksanakan pengembangan mutu PAUD dan Dikmas.

Dalam melaksanakan tugas, lanjut dia, BP-PAUD dan Dikmas menyelenggarakan fungsi antara lain pengembangan program, pemetaan mutu, supervisi, fasilitasi dan penyusunan program.

"Juga pengembangan sumber daya, pengelolaan sistem informasi, dan pelaksanaan kemitraan di bidang PAUD dan Dikmas," papar Edy.

Lebih lanjut ia menerangkan, berkenaan dengan pemetaan mutu, BP-PAUD dan Dikmas Kalbar akan mengarahkan agar lembaga-lembaga pendidikan di bawah kewenangannya menjadi lembaga yang bermutu dan berkualitas.

"Jadi, kewenangan kita langsung mengarah kepada intinya. Pemetaan mutu, berarti menyinergikan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat," katanya.

Guna mewujudkan itu, terang dia, ada beberapa program yang dilakukan.

"Di antaranya programnya adalah PAUD, keaksaraan, kesetaraan, kursus. Kemudian ada beberapa lembaga kemitraan," pungkasnya. (pk/umr/bah)