Penyelundup Sayuran Ilegal Ditangkap

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 52

Penyelundup Sayuran Ilegal Ditangkap
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Direktorat Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kalbar berhasil melakukan pengungkapan penyelundupan sayuran jenis kentang dari luar negeri, di Mapolda Kalbar, Rabu (6/12).

Penangkapan dilakukan oleh Tim Subdit I Ditreskrimsus Polda Kalbar yang tergabung dengan Satgas Pangan pada Rabu (6/12) sekira pukul 02.50 WIB, di Pasar Flamboyan, berdasarkan laporan dari masyarakat. Tim yang dipimpin oleh IPTU M Yasin itu berhasil mengamankan tersangka (SU) yang merupakan warga Entikong.

Dirkrimsus Polda Kalbar, AKBP Mahyudi Nazriansyah menyampaikan bahwa berdasarkan hasil lidik dan informasi dari masyarakat, bahwa di Pasar Flamboyan masih banyak beredar barang-barang dari luar negeri.

“Sehingga tim kita turun ke sana dan berhasil mengamankan satu unit kendaraan minibus, beserta kentang sebanyak 30 karung. Beratnya masing-masing karung 10 Kg, yang diduga memang berasal dari Malaysia,” katanya.

Berdasarkan hasil interogasi sementara, dia mengatakan bahwa barang tersebut dibeli di daerah Entikong.

Dia menyampaikan bahwa di Entikong berlaku sistem Kartu Ijin Lintas Batas (KILB) Negara. Pemilik kartu dapat membeli barang dengan nilai RM600 sesuai dengan perjanjian border trip agreement tahun 1970.

“Faktanya ini masih dimanfaatkan oleh spekulan-spekulan, membeli di sana dan dibawa keluar border sampai ke Pontianak. Ini yang melanggar ketentuan Undang Undang,” imbuhnya.

Pihak kepolisian berhasil mengamankan barang bukti satu unit mobil Avanza warna silver dan tiga puluh karung kentang.

Pelaku terancam melanggar Pasal 31 Undang-undang No 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan. (aan/bah)