Sekda Evaluasi Kinerja Camat

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 41

Sekda Evaluasi Kinerja Camat
Sekda Kubu Raya, Odang Prasetiyo

Target Serapan Anggaran 90 Persen


Sekda Kubu Raya, Odang Prasetiyo
"Ya, kita minta agar peran camat sebagai pembina desa dapat dilakukan secata intensif. Supaya beban desa tidak terlalu berat,"

PONTIANAK, SP - Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya, Odang Prasetiyo meminta para camat yang ada di Kabupaten Kubu Raya untuk lebih intensif melakukan pembinaan terhadap desa. 


Permintaan itu di sampaikannya dalam sebuah rapat evaluasi dengan seluruh camat dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang di gelar di ruang rapat Kantor Bupati Kubu Raya, Rabu (6/12) siang.

Dalam rapat koordinasi tersebut terdapat beberapa hal yang menjadi sorotan Sekda. Seperti persiapan agenda Pikades serentak yang bakal di ikuti ole19 desa, penyerapan Dana Desa, penyerapan angaran kecamatan serta kegiatan-kegiatan lainnya yang ada di tingkat kecamatan. 

Khusus suksesi Pilkades serentak, dia pun meminta agar kecamatan terkait benar-benar melakukan pendampingan kepada desa-desa secara rutin dalam mempersiapkan tahapannya. 

"Peran camat lah yang melakukan pembinaan itu," kata odang, usai rapat.

Begitu pula dengan penyerapan Alokasi Dana Desa (ADD). Dia juga meminta agar para camat dapat memastikan serapan Dana Desa berjalan dengan baik sesuai aturan. 

"Ya, kita minta agar peran camat sebagai pembina desa dapat dilakukan secata intensif. Supaya beban desa tidak terlalu berat," katanya. 

Soal serapan anggaran kecamatan, Sekda menuturkan sampai saat ini rata-rata angaran itu sudah direalisasikan sekitar 85 persen. Sementara arahan bupati bahwa minimal hingga akhir Desember, anggaran kecamatan terserap sampai 90 persen. 

"Dan masih ada waktu sekitar 15 hari ini, tolong beberapa item kegiatan yang belum selsesai, harap diselesaikan,"pintanya. 

Sementata itu, Camat Sungai Ambawang, Jaini mengatakan, bahwa untuk serapan anggaran yang ada di Kecamatan Sungai Ambawang sudah hampir mencapai target. 

"Anggaran kita yang sudah terserap sudah mencapai 89 persen. Jadi tinggal satu persen lagi dari target yang diberikan pak bupati," ungkapnya.

Dia menjelaskan, besaran anggaran Kecamatan Sungai Ambawang tahun 2017 ini mencapai Rp600 juta. Anggaran itu diperuntukkan untuk membiayai program pemberdayaan masyarakat sekaligus membiayai kegiatan pelayanan masyarakat. 

"Dengan sisa waktu yang masih ada ini, Insha Allah, target serapan anggaran bisa tercapai," pungkasnya.

Jangan Terlalu Dipaksa


Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Kubu Raya, Suharso mengatakan serapan anggaran pembangunan tahun 2017 harus selesai sebelum 31 Desember 2017. 

"Namun persolannya ini sudah masuk Desember. Belum lagi dipotong libur natal dan tahun baru.  Sehingga efektif kerja paling kurang lebih tinggal 15 hari," terangnya. 

Oleh sebab itu, dia pun meminta agar pihak-pihak SKPD termasuk kecamatan yang belum tuntas melakukan serapa anggaran agar memanfaatkan siswa waktu yang ada, untuk menuntaskan kegiatan pembangunan yang telah terencana.

"Namun kalau memang tidak mampu terserap,  jangan dipaksakan.  Karena takutnya nanti malah akan jadi temuan. Artinya yang memang sudah sesuai perencanaan itu segera diselesaikan," imbaunya. 

Selain itu, Politisi Golkar ini pun meminta agar para camat benar-benar memastikan proses tahapan Pilkades serentak berjalan sebagaimana mestinya. 

"Sebagai aparatur negara, tentu kecamatan punya kewajiban untuk mensosialisaikan Pikades. Sehingga peraentase pemilih dalam Pikades serentak nanti juga dapat ditingkatkan," pungkasnya. (abd/ang)