Pilkada Belum Berpihak ke Pemilih Disabilitas

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 360

Pilkada Belum Berpihak ke Pemilih Disabilitas
Ilustrasi disabilitas. (net)
PONTIANAK, SP - Memilih atau dipilih dalam suatu Pilkada maupun Pemilu, merupakan hak setiap warga negara. Penyelenggara Pemilu wajib memastikan setiap warga yang memang boleh memilih atau dipilih, mendapatkan haknya sebagaimana mestinya.

Namun, pemenuhan akses dalam hal ini memilih, belum sepenuhnya dirasakan terutama bagi pemilih dengan kebutuhan khusus atau disabilitas.

Sebagaimana diungkapkan Ketua Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI) Kalbar, Zamhuri, akses disabilitas dalam Pemilu dan Pilkada belum maksimal.

"Selama ini Pemilu jauh dari harapan, apalagi di kabupaten/kota. Tidak usah jauh-jauh di Kota Pontianak saja lah, mana ada melaksanakan akses (disabilitas)," katanya kepada Suara Pemred, kemarin.

Dia menyebutkan, akses yang belum terlayani dengan maksimal yaitu saat tahapan pemilihan. Dari empat kategori disabilitas, yakni tuna daksa, netra, grahita, dan rungu, masing-masing mengalami persoalan saat akan memilih.

"Kadang-kadang TPS-nya tidak sesuai, bertangga-tangga TPS-nya itu. Bagaimana yang pakai kursi roda, akhirnya pakai tongkat," ujarnya. (umr)