LAKI Nilai Polda dan Kejati Kalbar Masih Tumpul Tangani Kasus Tipikor

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 329

LAKI Nilai Polda dan Kejati Kalbar Masih Tumpul Tangani Kasus Tipikor
Ketua LAKI Burhanuddin Abdullah. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), menilai penegakan hukum tindak pidana korupsi (tipikor) oleh aparat penegak hukum di Kalbar, belum menunjukkan prestasi yang membanggakan.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Ketua Umum DPP LAKI Burhanuddin Abdullah, dalam rangka refleksi akhir tahun bertepatan dengan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) yang jatuh hari ini, 9 Desember.

"Saya belum pernah lihat prestasinya untuk tahun 2017," ujarnya saat jumpa pers di Hotel Kartika, Pontianak, Sabtu (9/12).

Penilaiannya itu, dengan membandingkan kepemimpinan institusi penegak hukum yakni kepolisian dan kejaksaan dari masa ke masa, serta keterlibatan eksekutif dalam upaya pencegahan praktik tipikor.

"Kalau saya mengevaluasi secara umum, ini tidak sama dengan periodenya misalnya Polda itu periodenya (Kapolda Kalbar) Pak Arief (Sulistyanto). Kalau Kejaksaan Tinggi, itu periodenya Pak Jasman atau Pak Didit. Itu jauh menurun," kata Burhan.

Ia menjelaskan, barometer keberhasilan penegak hukum dalam menangani tipikor, itu bukan diukur berapa banyak laporan atau kasus yang ditangani. Akan tetapi, sejauh mana kasus-kasus itu selesai dan jelas status hukumnya. (umr)