Tatap Muka dengan Wakilnya, Warga Pontianak Selatan Ingin Penguatan Pendidikan Karakter

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 308

Tatap Muka dengan Wakilnya, Warga Pontianak Selatan Ingin Penguatan Pendidikan Karakter
Herman Hofi Munawar. IST
PONTIANAK, SP - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Herman Hofi Munawar mengisi masa reses dengan mengumpulkan aspirasi konstituennya di Pontianak Selatan, Jumat (8/12) malam.

Dari sekian banyak aspirasi yang disampaikan, yang menarik adalah soal pendidikan. Pendidikan bukan hanya soal kuantitas tapi juga kualitas.

"Selama ini masyarakat melihat dalam pendidikan kita, hanya ada aspek kemampuan kognitifnya, tapi yang diharap, bagaimana pendidikan karakter yang lebih diperkuat," kata Herman saat reses di Gang Madyosari 1.

Masyarakat ingin ada pendidikan atau cara khusus yang dilakukan untuk mengatasi berbagai macam kenakalan remaja. Dalam hal ini, pendidikan karakter semestinya jadi penting. Apalagi kenakalan itu sudah menjurus ke tindak kejahatan.

"Kami sebagai dewan mencoba mengakomodir ini semua, bagaimana merumuskan baik itu lewat regulasi yang ada, maupun kebijakan yang lain," janji politisi PPP ini.

Selain soal pendidikan, aspek infrastruktur seperti jalan juga ingin ditingkatkan. Masih ada beberapa titik menurut masyarakat, yang perlu penanganan lebih lanjut.Herman Hofi Munawar menjelaskan reses ini memang salah satu kewajiban anggota dewan. Fungsinya tidak lain untuk mendalami aspirasi yang diingini masyarakat.

"Tentu saja hasil reses ini nanti akan dikomunikasikan lewat Musrenbang dan tentu masyarakat berharap supaya apa yang disampaikan bisa diakomodir dalam berbagai bentuk kebijakan, apakah itu akan melalui APBD atau di luar itu," jelasnya.

Menurutnya, menyerap aspirasi masyarakat bukan hanya lewat pertemuan dalam reses. Ada banyak cara yang digunakan. Salah satunya mengoptimalkan pengurus partai hingga tingkat bawah. Pengurus ranting di akar rumput harus jadi jembatan dengan masyarakat dan pemerintah, dan utamanya dengan DPRD.

"Nanti pengurus ranting kita dapat menyerap apa persoalan yang dihadapi masyarakat selanjutnya mereka akan meneruskan kepada kami di DPRD. Makanya kami berharap, pengurus PPP di akar rumput harus betul-betul memiliki sensitivitas dan responsif terhadap kebutuhan yang ada di masyarakat itu," pungkas Ketua DPC PPP Kota Pontianak ini. (bls)