Dewan Pengawas Beri Perhatian Lebih Soal Kebocoran PDAM

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 175

Dewan Pengawas Beri Perhatian Lebih Soal Kebocoran PDAM
Ilustrasi PDAM. (antara foto)
PONTIANAK, SP - Satu di antara Dewan Pengawas PDAM Tirta Khatulistiwa Pontianak, Hermansyah mengungkapkan masalah kebocoran merupakan salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri. Namun demikian hal ini punya banyak penyebab.

Misalnya sistem jaringan distribusi yang sudah lama, sistem yang perlu penanganan lebih modern, non-revenue water (NRW) tidak terbaca dan lainnya.

"Ada suatu saat kita melakukan pembersihan ruang produksi, nah, di situ yang kadang terjadi kebocoran. Atau kerusakan akibat perbaikan jalan, memang perlu ada peningkatan pelayanan. Dewan Pengawas sedang giat melakukan perhatian tentang tingkat kebocoran ini," jelasnya.

Hal lain yang diperhatikan adalah kecepatan dan merespon laporan masyarakat. Apalagi air merupakan kebutuhan dasar manusia. Sehingga bila pun ada berbagai macam keterbatasan, hal itu tidak bisa jadi alasan pembelaan diri.

"Akibatnya akan banyak keluhan. Selalu juga kita katakan, respon harus cepat. Memang sudah diukur, ada Indeks Kepuasan Masyarakat dan hasilnya mengalami peningkatan, walau memang masih bisa ditingkatkan kembali," jelasnya.

Dalam hal ini, dosen Fakultas Hukum ini menerangkan Dewan Pengawas merupakan kepanjangan tangan dari pemilik, yakni Wali Kota Pontianak. Pengawasan yang dilakukan untuk dilaporkan ke pemilik. (bls)