Kelangkaan Elpiji Tabung Melon, Begini Penjelasan Pejabat Pertamina

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 321

Kelangkaan Elpiji Tabung Melon, Begini Penjelasan Pejabat Pertamina
Ilustrasi elpiji tiga kilo. (antara foto)
PONTIANAK, SP - Kelangkaan elpiji tabung tiga kilogram di pasaran, disebut Marketing Branch Manager Pertamina Wilayah Kalbar dan Kalteng, Teuku Johan Miftah lantaran konsumsi masyarakat yang makin tinggi.

Salah satu penyebabnya, adalah kepanikan masyarakat akibat cepat habisnya stok LPG di agen-agen dan SPBU.

"Saat ini, konsumsi masyarakat terhadap gas jenis sedang tinggi," kata Teuku Johan Miftah, Selasa (11/12).

Dia menerangkan Pertamina telah menyiapkan stok sebanyak 370 metrik ton per hari dan stok ini dirasa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kalbar. Belum lagi varian LPG lain seperti tabung 5,5 kilo yang disalurkan sebanyak 50 sampai 60 metrik ton per hari.

"Untuk itu masyarakat diminta jangan panik. Bila panik, ini yang mengakibatkan masyarakat berlomba-lomba membeli dan mengkonsumsi gas, akhirnya gas makin cepat habis," jelas Johan.

Dia pun menepis isu bahwa kelangkaan terjadi akibat adanya pengurangan stok. Juga isu lain yang beredar bahwa tengah dilakukan penarikan gas elpiji tiga kilo di tengah masyarakat.

"Bahkan kita akan menambah stok di hari-hari besar seperti hari Natal maupun tahun baru ini. Jadi kita imbau agar masyarakat jangan panik dan khawatir. Karena stok LPG masih aman," anjur Johan. (bls)