Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Ini Pesan Gubernur Cornelis

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 561

Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Ini Pesan Gubernur Cornelis
PELANTIKAN - Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie dan Irwan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Minggu (17/12). (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Gubernur Kalbar Cornelis melantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang periode 2017-2022, Tjhai Chui Mie-Irwan, di Balai Petitih Kantor Gubernur, Pontianak, Minggu (17/12).

Dalam sambutannya, Cornelis berpesan agar keduanya bekerja dengan baik sesuai dengan undang-undang dan sumpah janji jabatan yang telah diucapkan.

"Laksanakan tugas sesuai porsi yang telah ditentukan oleh undang-undang, titik. Kalau Wali Kota itu apa saja sih tugasnya. Semua sudah diatur sedemikian rupa. Demikian juga dengan Wakil Wali Kota," ujarnya.

Ia berharap, Tjhai Chui Mie dan Irwan untuk tidak keluar dari koridor tugas masing-masing, sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan keduanya selalu kompak.

"Jangan bikin macam-macam. Belum enam bulan udah pecah kongsi, ini nggak benar ini. Saya selidik-selidik (pecah kongsi antara wali dan wakil), rupanya persoalan proyek. Ndak bisa kita sepeti itu," terangnya.

Ia mengingatkan, untuk tidak lupa diri setelah diamanatkan memimpin daerah. Sebab jabatan itu sejatinya adalah bersifat sementara.

"Lalu kita berubah jadi mental amtenar, jadi mental feodal, rakyat mau ketemu susah, repot jadinya. Kita ini hanya sebagai pelayanan, bagaimana kita melayani rakyat sesuai wewenang, tugas dan tanggung jawab kita," tegasnya.

Dilanjutkan, Cornelis berharap legislatif Singkawang dapat mendukung pemerintah yang baru ini.

"Jangan saling sandra, mengakibatkan misalnya APBD tidak terealisasi. Kalau tidak terealisasi, yang rugi juga dewan, karena pemerintah tetap jalan terus," jelasnya.

Cornelis mengimbau, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Singkawang yang baru bisa menjaga stabilitas keamanan daerahnya.

"Jaga stabilitas keamanan, ketentraman, ketertiban di wilayah masing-masing," pungkasnya.

Dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan, di hadiri kepala daerah se-kabupaten/kota, OPD di lingkungan Pemprov, instansi vertikal dan OPD di lingkungan Pemkot Singkawang.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan pelantikan TP PKK dan Dekranasda Kota Singkawang. (umr)