Diduga Dapat Dukungan Hasil Mencatut, Kartius-Pensong: Serahkan Saja ke KPU

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 289

Diduga Dapat Dukungan Hasil Mencatut, Kartius-Pensong: Serahkan Saja ke KPU
Kartius saat mendaftar di KPU Kalbar. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Setelah dinyatakan memenuhi persyaratan administrasi oleh KPU Provinsi, belakangan muncul dugaan syarat dukungan yang dikumpulkan oleh bakal pasangan calon (bapaslon) gubernur dan wakil gubernur untuk Pilgub Kalbar 2018 dari jalur perseorangan, Kartius-Pensong, didapat dari hasil mencatut KTP warga.

Dugaan pencatutan terungkap setelah adanya pengakuan warga di salah satu desa di Kabupaten Sambas. Bahwa dalam syarat dukungan e-KTP di KPU Kabupaten setempat, nama mereka tercantum sebagai salah satu pendukung. Padahal, mereka mengaku tidak pernah memberikan dukungan.

Menanggapi dugaan itu, Kartius menjawab santai. Menurutnya, biarlah masalah itu ditangani sepenuhnya oleh KPU.

"Nanti kita serahkan sepenuhnya kan. Kan ada verifikasi faktual, itu nanti yang membuktikannya," ujarnya kepada awak media saat ditemui di Kantor Gubernur Kalbar, Senin (18/12).

Ia menjelaskan, apabila memang terbukti saat verifikasi, warga yang memiliki e-KTP menyatakan tidak pernah memberikan dukungan, maka dengan sendirinya dukungan itu berkurang.

Dalam proses pengumpulan syarat dukungan, Kartius mengaku mendapat dari relawan yang secara suka rela bekerja mengumpulkan e-KTP dari warga.

"Kita serahkan sepenuhnya secara demokratis, sesuai mekanisme dan prosedur. Kalau hasil KPU, kita ikut. Kita tunduk pada aturan dan hukum," pungkasnya. (umr)