Edi Ingin Semua Informasi Publik Terintegrasi Gencil

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 283

Edi Ingin Semua Informasi Publik Terintegrasi Gencil
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono ingin semua informasi publik bisa terintegrasi dalam Government and Smart City Landmark (Gencil). Gencil merupakan wakil Pontianak di dunia digital. Berbasis aplikasi yang bisa diunduh di smartphone.

Edi mengatakan sebagai kota cerdas, peningkatan kualitas teknologi secara pintar harus terus dilakukan. Dengan memanfaatkan teknologi digital, informasi yang dibutuhkan publik bisa diakses semua lapisan. Sejauh ini, Pemerintah Kota Pontianak bekerja sama dengan Pontianak Digital Stream untuk mewujudkan hal tersebut.

"Maksud saya nanti, semua informasi-informasi yang ada harusnya sudah masuk ke dalam konten (Gencil)," kata Edi, Rabu (20/12).

Salah satu pihak yang baru saja menjalin kerja sama adalah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pontianak. Nantinya laporan prakirawan ihwal cuaca, gelombang dan air pasang akan dikabarkan lewat Gencil.

Jika data itu bisa diakses dengan mudah, Edi yakin informasi tersebut bisa jadi bahan warga untuk melakukan antisipasi.
Contohnya, untuk air pasang yang masuk dalam ramalan BMKG. Di mana saat ini peninjauan di lapangan masih dilakukan. Titik mana saja yang rawan dan jam berapa air pasang. Kemarin, sampai naik 1,6 mater dari batas normal.

"Patokan 0 nya di bawah 2 meter dari pelabuhan. Pelabuhan saat bikin dermaga itu pilenya dinaikan 40cm dari air pasang tertinggi. Kita kalau mau aman harus bikin jalan atau rumah lantainya harus minimal sama dengan dermaga tingginya. Kalau jalan rendah harus kita tinggikan, secara bertahap, seperti jalan-jalan yang tergenang akan kita tinggikan," pungkasnya. (bls)