Penyerahan Sertifikat Tanah oleh Presiden, Ini Rincian Pembagian di 14 Kabupaten/Kota

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 464

Penyerahan Sertifikat Tanah oleh Presiden, Ini Rincian Pembagian di 14 Kabupaten/Kota
Sekjen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), M Noor Marzuki. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Dalam acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat kepada tujuh provinsi, yaitu Kalbar, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Jambi, Lampung, dan Sumatera Selatan, yang akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di area Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Kamis (28/12) siang, Kalbar mendapatkan 53.428 sertifikat untuk 14 kabupaten/kota.

Kabupaten Kubu Raya sebanyak empat ribu sertifikat, Mempawah enam ribu, Landak lima ribu, Sambas empat ribu, Bengkayang seribu, Sanggau empat ribu, Sekadau 1.928, Sintang enam ribu, Melawi 4.500, Kapuas Hulu dua ribu, Ketapang enam ribu, Kayong Utara dua ribu, Kota Pontianak dua ribu, dan Singkawang lima ribu.

Dari data Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), perkiraan jumlah bidang tanah di Kalbar yang mendapat sertifikat ini 3.560.188 bidang.

"Masing-masing kabupaten/kota akan diserahkan secara simbolis sertifikat tanah sebanyak 5.500 orang. Secara simbolis, Presiden akan menyerahkan kepada 12 orang perwakilan warga," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), M Noor Marzuki.

Untuk Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) se-kabupaten/kota di Kalbar tahun ini, sejumlah 156 ribu bidang dengan realisasi sertifikat sebanyak 103.003 atau 66,3 persen.

Tahun depan, pemerintah pusat menargetkan pengukuran PTSL di 14 kabupaten/kota 160 ribu bidang, dengan target sertifikat sekitar 140 ribu. (umr)