Temuan Dugaan Pencatutan KTP, KPU akan Umumkan Secara Detail Besok

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 347

Temuan Dugaan Pencatutan KTP, KPU akan Umumkan Secara Detail Besok
BERKAS DUKUNGAN - Berkas dukungan bapaslon Pilgub Kalbar jalur perseorangan, Kartius-Pensong. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Salah satu syarat bagi bakal pasangan calon (bapaslon) jalur perseorangan untuk bisa mendaftar sebagai calon ke KPU untuk Pilgub, yakni harus memenuhi syarat dukungan dibuktikan dengan fotokopi e-KTP atau surat keterangan (Suket) dari Disdukcapil.

Lantaran syarat minimal dukungan dari KPU itu tidak sedikit, tak jarang praktik mencatut identitas kependudukan pun dilakukan.

Pada tahapan verifikasi faktual syarat dukungan bapaslon Pilgub Kalbar, Kartius-Pensong, yang telah dilakukan oleh penyelenggara Pemilu mulai dari tingkat provinsi, kabupaten/kota hingga PPS di kelurahan, KPU Provinsi menemukan adanya dugaan praktik pencatutan.

Dugaan itu dibuktikan dengan pernyataan pemilik identitas kependudukan yang masuk dalam syarat dukungan Kartius-Pensong, tidak mengakui mendukung bapaslon tersebut.

"Ada yang menyatakan tidak mendukung, ada," kata Ketua KPU Kalbar, Umi Rifdiyawati, kepada Suara Pemred, Selasa (2/1).

Sebelumnya, pernyataan tidak mendukung kepada bapaslon tersebut namun identitas kependudukan masuk dalam syarat dukungan, sudah dinyatakan oleh sejumlah di Kabupaten Sambas.

Pada tahapan verifikasi faktual, untuk memastikan adanya dugaan pencatutan, penyelenggara Pemilu mendatangi warga yang identitanya masuk dalam syarat dukungan bapaslon.

Terkait jumlah temuan KPU terhadap syarat dukungan yang tidak memenuhi syarat (TMS) baik alasan administrasi ataupun adanya dugaan pencatutan, Umi mengatakan baru bisa diketahui pada saat rekapitulasi hasil akhir verifikasi faktual yang akan dilakukan besok. (umr)