Dukungan Kartius-Pensong Nol di Kapuas Hulu, Ini Kata Komisioner KPU Setempat

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 334

Dukungan Kartius-Pensong Nol di Kapuas Hulu, Ini Kata Komisioner KPU Setempat
PENYERAHAN BA - Penyerahan berita acara (BA) rekapitulasi dukungan bapaslon perseorangan oleh KPU ke Bawaslu. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Pada rapat pleno rekapitulasi dukungan bapaslon Pilgub Kalbar 2018 dari jalur perseorangan yang diadakan oleh KPU Provinsi di Hotel Mercure Pontianak, Rabu (3/1) siang, dari tujuh kabupaten sebaran dukungan, di Kapuas Hulu dukungan bapaslon Kartius-Pensong tak ada satupun yang memenuhi syarat.

Semula bapaslon Kartius-Pensong menyerahkan dokumen syarat dukungan ke KPU yang berhasil dikumpulkan dari daerah Kapuas Hulu sebanyak 1.581 pendukung.

Komisioner KPU Kabupaten Kapuas Hulu, Awang Ramlan menjelaskan bahwa tidak memenuhi syarat (TMS) dukungan Kartius-Pensong, dikarenakan temuan petugas pada saat verifikasi faktual.

Pada saat proses verifikasi itu, PPS menemukan fakta memang masyarakat yang di empat desa itu, mereka tidak mendukung bakal pasangan calon itu. 

"Nah, ketika mereka tidak mendukung di harap pertama itu, yang ditemui dan yang tidak detmeui kemudian dikoordinasikan ke LO-nya. Sampai di tanggal 25 (Desember 2017) LO tidak bisa menghadirkan, maka sesuai ketentuan bahwa yang tidak bisa ditemui itu juga harus tidak memenuhi syarat," jelasnya.

Dalam verifikasi faktual yang dilakukan di tingkat PPS, Awang mengatakan sudah sesuai mekanisme dan aturan yang berlaku.

"Sesuai dengan Peraturan KPU bahwa ada tiga tahap untuk verifikasi faktual yang dilakukan oleh PPS," tuturnya. (umr)