Harus Netral dalam Pilkada, Medsos ASN Ikut Diawasi

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 182

Harus Netral dalam Pilkada, Medsos ASN Ikut Diawasi
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak, Khairil Anwar. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak, Khairil Anwar mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) harus netral dalam pilkada mendatang. Hal ini diperkuat dengan keluarnya surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/71/M.SM.00.00/2017.

"Itu aturan sudah jelas dan tegas bahwa ASN tidak boleh terlibat pada saat Pilkasa dan harus netral. Itu sudah dibuatkan edaran. Baik dari kementerian maupun dari Pemkot Pontianak sendiri," katanya Kamis (4/1).

Pemantauan netralitas akan dilakukan juga di media sosial ASN. Dalam hal ini Khairil menjelaskan sudah ada imbauan dari Wali Kota Pontianak. Di mana semua ASN tidak boleh terlibat dalam politik dan kampanye.

"Media sosial pun kalau disebarkan secara nyata, maka itu adalah pelanggaran. Apalagi dia menyampaikan dengan orang lain dan mengajak (mendukung)," katanya.

Memang berdasarkan aturan yang ada, pemantauan akan dilakukan saat memasuki masa kampanye nanti. Namun sejak jauh hari pihaknya sudah memberikan larangan. Jangan sampai ada yang terlibat. (bls)