Diskumdag Tunggu Penyerahan Gedung UPTD Metrologi

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 566

Diskumdag Tunggu Penyerahan Gedung UPTD Metrologi
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mulai Januari 2017 lalu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Metrologi Legal pindah kewenangan dari Pemprov Kalbar ke Pemkot Pontianak. Tapi sayang, hingga saat ini aset gedung belum diserahkan.

"Alat-alat sudah diserahkan, SDM sudah diserahkan, tinggal gedungnya," ungkap Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan (Diskumdag) Kota Pontianak, Haryadi Triwibowo, Kamis (4/1).

Lantaran tak kunjung diserahkan, pihaknya belum bisa beroperasional secara maksimal. Untuk sementara, urusan pelayanan yang sama, Diskumdag bekerja sama dengan Balai Metrologi yang sudah berstandar di Banjarmasin.

Mantan Kasatpol-PP ini menerangkan, keberadaan gedung merupakan bagian yang tak terpisahkan dari seluruh peralatan yang sudah distandarisasi. Bila alat-alat dipindahkan ke gedung yang tidak standar, maka hasil pengukuran yang bisa tidak valid atau menyimpang. Informasi terakhir yang dia dapat, di tahun 2018 ini semua aset akan diserahkan tanpa kecuali.

"Informasi dari Pemprov Kalbar akan diserahkan semuanya baik itu alat, SDM maupun gedung, yang jelas SDM dan peralatan sudah diserahkan tinggal menunggu gedung," katanya.

Alat-alat yang dimiliki UPTD Metrologi Legal cukup lengkap. Di antaranya tera ulang timbang dagang, jembatan timbang, timbangan emas, tera Pertamina.

"Kalau alat dipindahkan, gedung harus standar, sebagai contoh jembatan timbangan, tidak boleh di gedung sembarangan, fondasi harus yang tahan getar," pungkasnya. (bls/ind)