Penolakan Berkas Milton-Boyman, DPP Gerindra Curiga Ada Permainan di KPU

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 1092

Penolakan Berkas Milton-Boyman, DPP Gerindra Curiga Ada Permainan di KPU
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Poyuono. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Arief Poyuono, angkat bicara terkait dikembalikannya berkas pasangan calon Pilgub Kalbar dari Gerindra dan PAN, Milton-Boyman, saat mendaftar oleh KPU Provinsi, Senin (8/1).

Menurut dia, harusnya kekurangan beberapa berkas yang menjadi syarat calon, tidak kemudian menjadi syarat dan persyaratan lainnya dikembalikan begitu saja.

"Ini bisa kita selesaikan bukan berarti tidak diterima. Harusnya kan berita acara itu adalah catatan, belum bisa diterima dan akan diterima setelah ini dilengkapi. Bukan ini ditolak semua," ujarnya kepada awak media di Kantor KPU Provinsi.

Ia mempertanyakan dasar aturan sehingga KPU mengembalikan seluruh berkas lantaran ada beberapa berkas yang belum dilengkapi.

"Kalau tadi dia bilang konsultasi dengan KPU RI, mana buktinya bahwa KPU RI ini menolak? Jangan cuma telepon-teleponan ya," ucapnya dengan nada tinggi.

Poyuono mencurigai, ada indikasi KPU 'bermain' terhadap bapaslonnya.

"Saya udah mulai curiga, ini ada yang nggak bener di KPU sini nih. Jadi awas jangan main-main, (karena) masih ada DKPP. Ini udah ada nih bau-baunya nih," katanya.

Ia menegaskan, tidak ada peraturan yang membenarkan KPU mengembalikan berkas apabila terjadi ketidaklengkapan.

"Harusnya diterima dulu dengan catatan gitu lho harusnya kan. Kan diterima belum juga tentu ini lolos, nanti kan ada verifikasi yang lain, ini kan baru verifikasi data, verifikasi faktualnya kan belum," tuturnya. (umr)