Penyelundupan BBM di Sanggau, Tiga Orang Diamankan Termasuk Petugas SPBU

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 413

Penyelundupan BBM di Sanggau, Tiga Orang Diamankan Termasuk Petugas SPBU
Barang bukti BBM yang diamankan polisi. (ist)
PONTIANAK, SP - Subdit 4 Dit Reskrimsus Polda Kalbar, berhasil mengamankan satu unit mobil pikap yang dikendarai oleh TUM, mengangkut Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak delapan drum, di Jalan Raya Sanggau-Semuntai Desa Semuntai, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau, Kamis (11/1).

Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Purwanto, menyampaikan dari delapan drum minyak tersebut, terdiri dari BBM jenis solar yang disubsidi pemerintah sebanyak lima drum dengan jumlah keseluruhan sekira 1.100 liter, BBM jenis pertalite tiga drum dengan jumlah keseluruhan sekitar 660 liter.

“Dia membeli BBM dengan cara mengantre di SPBU 64.785.11, Jalan Raya Sanggau-Semuntai dimana untuk BBM jenis solar dibelinya dengan harga Rp5.300 per liter (harga HET Rp5.150 per liter) dan pertalite Rp7.700 per liter,” ujarnya.

Dia menyampaikan, berdasarkan keterangan dari tersangka, BBM tersebut akan dijual kembali ke masyarakat di daerah Desa Mukok.

“Melakukan giat usaha niaga dan pengangkutan BBM tanpa izin serta menyalahgunakan BBM solar yang disubsidi pemerintah,” imbuhnya.

Nanang mengatakan, terhadap pihak SPBU 64.785.11 juga ditemukan pelanggaran, yaitu menjual BBM solar yang disubsidi pemerintah di atas HET.

“Atas kejadian tersebut, TUM selaku pemilik BBM dan RUS pengawas SPBU, ZUL selaku operator SPBU, bersama barang bukti dibawa ke Mapolda Kalbar untuk proses lebih lanjut,” pungkasnya.

Para pelaku akan dijerat dengan Pasal 55 jo Pasal 53 huruf d UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi. (rah)