Ini Dasar Panwaslu Singkawang Minta PKS Batalkan Acara Melibatkan Pasbalon

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 346

Ini Dasar Panwaslu Singkawang Minta PKS Batalkan Acara Melibatkan Pasbalon
Ketua Panwaslu Kota Singkawang, Zulita. (ist)
PONTIANAK, SP - Imbauan kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Singkawang untuk membatalkan acara yang akan mereka adakan, Jalan Sehat PKS Bersama Midji-Norsan, Minggu (14/1) pagi besok, lantaran Panwaslu setempat menilai acara itu sarat akan potensi adanya dugaan pelanggaran dalam Pilgub Kalbar 2018.

Sebagaimana diketahui, Sutarmidji-Ria Norsan (Midji-Norsan) adalah pasangan bakal calon (pasbalon) yang akan mengikuti pemilu gubernur dan wakil gubernur Kalbar, dan sudah terdaftar di KPU Provinsi.

Setidaknya, ada lima dasar sehingga Panwaslu mengeluarkan surat imbauan sekaligus sosialisasi kepada PKS.

Dalam surat  tersebut, Ketua Panwaslu Kota Singkawang, Zulita menyebutkan, pertama UU No 10/2016 tentang perubahan kedua atas UU No 1/2015 tentang Penetapan Perppu No 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Kedua, UU No 7/2017 tentang Pemilu. Ketiga, Peraturan Bawaslu No 10/2017 tentang Pengawasan Tahapan Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.


Keempat, Peraturan Bawaslu No 13/2017 tentang Tata Cara Penanganan Pelanggaran Administrasi terkait Larangan Memberikan dan/atau Menjanjikan Uang atau Materi Lainnya yang dilakukan Secara Terstruktur, Sistematis, dan Masif dalam Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

Kelima, Peraturan KPU No 2/2018 tentang Perubahan atas Peraturan No 1/2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. (umr)