PKS Singkawang Akan Gelar Jalan Sehat, Panwaslu Minta Batalkan

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 475

PKS Singkawang Akan Gelar Jalan Sehat, Panwaslu Minta Batalkan
Ketua Panwaslu Kota Singkawang, Zulita. (ist)
PONTIANAK, SP - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Singkawang, secara tegas mengimbau Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Singkawang untuk membatalkan acara yang akan mereka adakan besok, Minggu (14/1).

Pasalnya, acara dengan nama 'Jalan Sehat PKS' Bersama Midji-Norsan' yang akan digelar di Jembatan Agen II Singkawang, Minggu pagi itu, berpotensi terhadap adanya dugaan pelanggaran.

"Kegiatan tersebut berpotensi terhadap adanya dugaan pelanggaran berkaitan dengan pencalonan bakal calon gubernur dan wakil gubernur sebagaimana telah terdaftar sebagai peserta pemilihan dengan surat tanda terima pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Model TT.1-KWK tanggal 8 Januari 2018 di Kantor KPU Provinsi Kalimantan Barat," kata Ketua Panwaslu Kota Singkawang, Zulita, dalam surat imbauan yang disampaikan Bawalsu Kalbar kepada Suara Pemred, Sabtu (13/1).

Sebagaimana diketahui, PKS merupakan salah satu partai pengusung pasbalon Midji-Norsan. Zulita mengatakan, upaya pihaknya ini sebagai bentuk pencegahan terhadap potensi pelanggaran.

Panwaslu Kota Singkawang berpandangan, potensi adanya dugaan pelanggaran ini, di mana dalam acara tersebut, PKS akan membagi-bagikan hadiah kepada masyarakat yang ikut.

"Guna untuk menghindari terjadinya potensi-potensi dugaan pelanggaran pemilihan berkaitan tentang money politik berupa pembagian doorprize yang diduga melebihi batas maksimal nilai nominal yang telah ditentukan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berakibat pelanggaran terstruktur sistematis dan masif (TSM)," terangnya.

Dilanjutkan, pelanggaran yang bersifat TMS ini, dapat berdampak pada pembatalan pasbalon dalam keikutsertaan pemilihan.

"Berdampak pembatalan dalam keikutsertaaan sebagai peserta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat tahun 2018," ujarnya. (umr)