Waspada! Info Lowongan Kerja Abal-abal

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 184

Waspada! Info Lowongan Kerja Abal-abal
ilustrasi. (net)
PONTIANAK, SP - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak, Syarif Alwi Almutahar meminta para pencari kerja tak langsung percaya dengan informasi lowongan kerja (loker) yang beredar di media sosial.

Misalnya yang dibagikan dalam unggahan Facebook, atau pesan berantai pada aplikasi pesan WhatsApp.

Sebagai contoh, info tentang lowongan penerimaan CPNS. Yang tak jarang juga disertai pranala ke soal-soal tes yang tentu saja palsu. Dia meminta masyarakat lebih teliti. Tak mudah percaya.

"Dari informasi Humas Kepegawaian Negara ternyata itu (soal tes CPNS) hoaks," katanya Minggu (14/1).

Alwi pun mengajak masyarakat lebih awas. Meneliti sumber informasi yang beredar. Jika memang info itu resmi dari pemerintah, tentu tak diunggah di portal blog yang gratisan. Seperti wordpress atau blogspot.

"Pasti diunggah di web resmi pemerintah. Sayangnya masih banyak yang percaya info itu asli. Makanya kita saling mengingatkan," ucapnya.

Tak jarang, katanya, mungkin untuk mendapatkan klik, yang beredar adalah informasi lowongan kerja yang sudah lama. Lewat tanggalnya dan diviralkan kembali. Maka penting untuk teliti. Mana tahu malah bisa menyebabkan kerugian ketika mengakses pranala tersebut.

"Memang informasinya tahun ini pemerintah akan membuka lowongan CPNS. Namun semuanya masih dalam proses. Jadwal tesnya sampai saat ini juga belum diketahui," ucapnya.

Bagi masyarakat yang berminat untuk menjadi PNS, Alwi menambahkan persiapan tentu mesti dilakukan dari sekarang. Belajar dan harus paham materi soal. (bls)