Kata Edi Kamtono Soal Banjir di Siantan Hulu, Karena Kebun Sawit!

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 271

Kata Edi Kamtono Soal Banjir di Siantan Hulu, Karena Kebun Sawit!
Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono saat pertemuan membahas banjir di Siantan Hulu, Rabu (17/1). (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Banjir di Siantan Hulu, Pontianak Utara disebut Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono salah satunya akibat pengaruh dari keberadaan perkebunan sawit di daerah Mempawah dan Kubu Raya.

Sementara aliran dari sana yang bermuara di sungai Landak, melewati parit Sungai Malaya yang berbatasan langsung dengan Kota Pontianak.

"Dengan adanya kebun sawit itu ada kanal-kanal air begitu hujan besar, intensitas tinggi, air tetap mengalir ke muara yaitu Sungai Landak. Sementara sungai Malaya tidak dapat menampung secara besar volume air yang ada termasuk kawasan bentasan, ini kawasan rendah karena semacam rawa-rawa awalnya," jelasnya usai dialog di Kelurahan Siantan Hulu, Pontianak Utara, Rabu (17/1).

Kawasan yang sebelumnya gambut, berubah jadi sawit. Gambut yang sejatinya bisa menyimpan air, kemudian berganti kanal-kanal. Sehingga aliran air langsung ke sungai Malaya.

"Bangunan juga rendah, ini yang hampir setiap tahun apabila musim hujan yang cukup besar intensitasnya, terjadi banjir. Banjir ini menurut keterangan dan hasil pengamatan kita, sebelum ada perkebunan sawit tidak pernah terjadi banjir yang separah ini. Kalau pun ada genangan itu pasang surut," imbuhnya. (bls)