Onderdil Asal Tiongkok Tanpa Petunjuk Berbahasa Indonesia Diamankan

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 240

Onderdil Asal Tiongkok Tanpa Petunjuk Berbahasa Indonesia Diamankan
Pers rilis pengungkapan onderdil tanpa petunjuk bahasa Indonesia, Kamis (18/1). (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Ditreskrimsus Polda Kalbar mengamankan lebih dari 13 jenis spare part atau onderdil berbagai merek yang tidak dilengkapi petunjuk penggunaan dalam bahasa Indonesia, di sebuah bengkel sepeda motor, Jalan Tanjungraya II, Kelurahan Parit Mayor, Kecamatan Pontianak Timur, Senin (15/1) lalu.

Pihak kepolisian mengamankan satu orang tersangka dengan inisial LK (40).

Hasil penangkapan tersebut disampaikan oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono dalam pers rilis yang disampaikannya di Balai Kemitraan Polda Kalbar, Kamis (18/1).

Dia menuturkan, onderdil tanpa petunjuk bahasa Indonesia sangat berbahaya. Sebab, dapat mengecoh pengguna.

Aturan di Indonesia mengharuskan menggunakan bahasa Indonesia untuk menyamakan pemahaman. Selain itu onderdil tersebut tidak memiliki izin edar dan tidak memiliki alamat pelaku usaha atau importir.

“Karena kita sudah komitmen, semua yang ilegal kita tangkap ungkap,” pungkasnya.

Barang-barang tersebut disampaikannya berasal dari Cina, dimasukkan dari Jakarta dan selanjutnya diedarkan di Kota Pontianak, dengan kerugian sekira Rp900 juta dari 13 item spare part tersebut.

Tersangka dalam hal ini, akan dijerat dengan Pasal 62 ayat (1) jo Pasal 8 ayat (1) Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, dimana pelaku dapat dipidana penjara paling lama lima tahun atau denda paling banyak Rp2 miliar. (rah)