Kapolda Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada di Daerah

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 370

Kapolda Pastikan Kesiapan Pengamanan Pilkada di Daerah
Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono saat berkunjung ke Sanggau. (ist)
PONTIANAK, SP - Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono, didampingi Dir Intelkam Polda Kalbar, Kombes Pol Dally Achmad Mutiara dan Karo Ops Kombes Jayadi, melakukan kunjungan ke sejumlah wilayah untuk memastikan kesiapan pengamanan Pilkada di daerah. Jumat (19/1).

Daerah yang dikunjungi tahap awal yaitu Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Sanggau.

Kunjungan tersebut untuk memastikan kesiapan piranti lunak, kasiapan posko, kesiapan Latpraops, kesiapan situasi Kamtibmas, kesiapan masyarakat, kesiapan kekuatan personel, kesiapan Sarpras dan kesiapan anggaran serta bekerja sesuai motto Polda Kalbar yaitu 'Berkibar'.

Dalam kesempatan itu, dia juga mengecek langsung kesiapan kedua Polres di kedua kabupaten tersebut, dalam pengamanan Pilkada di wilayah masing-masing, serta mengecek langsung progres pembangunan mako Polres Kayong Utara dan Polres Sanggau.

Pada kunjungan itu, Didi menyampaikan bahwa Polda Kalbar bersama unsur TNI dan stakeholder terkait telah menyiapkan pasukan dalam upaya pengamanan pilkada di Kalbar.

11.666 TPS di Kalbar akan kita jaga dengan perkuatan 10.127 Personel Polri/TNI dan 23.332 Linmas dengan harapan Pilkada 2018 bejalan aman, lancar dan sukses,” ujarnya.

Saat berkunjung ke Kabupaten Kayong Utara, Kapolda bersama rombongan disambut oleh bupati dan Forkopimda di kediaman rumah Bupati Kayong Utara, Hildi Hamid, sekira pukul 10.30 WIB.


Selanjutnya Kapolda Kalbar melakukan peninjauan pembangunan Mako Polres Kayong Utara yang baru, lalu kemudian melakukan tatap muka dengan Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Panwaslu dan masyarakat untuk membangun kesamaan pemahaman, persepsi dan interpretasi terkait penyelenggaraan Pilkada yang aman, damai, lancar, dan sukses.

Disela kunjungannya rombongan Kapolda menuju Masjid Oesman Al Khair untuk melaksanakan ibadah salat Jumat berjamaah, sebelum melanjutkan kunjungan ke Polres Sanggau dengan menggunakan helikopter.

Tiba di Sanggau, Didi meninjau kesiapan pelaksanaan Ops Mantap Praja Kabupaten Sanggau dan mengecek langsung progres pembangunan mapolres Sanggau.
Soal perbatasan negara menjadi perhatiannya.

“Semoga Pilkada Serentak Tahun 2018 berlangsung dengan aman dan kondusif,” katanya.
Diakhir kunjungannya Didi beserta rombongan didampingi Kapolres Sanggau Akbp Rachmat Kurniawan melakukan pengecekan Posko Ops Mantap Praja Kapuas Tahun 2018 Polres Sanggau. (rah)