Dir Sabhara Polda Kalbar Latihan Peragaan Pengamanan Pilkada

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 405

Dir Sabhara Polda Kalbar Latihan Peragaan Pengamanan Pilkada
LATIHAN - Dir Sabhara Polda Kalbar, Kombes Pol Pulung Rohmadianto memberikan pengarahan kepada personel Sabhara Polda Kalbar saat menggelar latihan persiapan peragaan pengamanan Pilkada di depan Hotel Grand Mahkota Pontianak, Selasa (23/1). (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Direktorat Sabhara Polda Kalbar menggelar latihan persiapan peragaan pengamanan Pilkada di Jalan Sidas, tepatnya di depan Hotel Grand Mahkota Pontianak, Selasa (23/1).

Saat ditemui seusai latihan, Wakil Direktur Sabhara Polda Kalbar, AKBP Hotma Victor Sihombing menyampaikan bahwa latihan tersebut merupakan latihan yang kedua terkait rencana peragaan pada tanggal 5 dan 6 Februari 2018 di halaman Alun-alun Kapuas.

Kegiatan tersebut akan dihariri oleh As Ops Kapolri, seluruh direktur Sabhara se-Indonesia, seluruh Karo Ops se-Indonesia, seluruh direktur intel se-Indonesia dan seluruh Dan Sat Brimob se-Indonesia.

“Akan ditampilkan dalam bentuk skenario yang melibatkan seluruh kesatuan kerja yang ada di Polda Kalimantan Barat,” jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa peragaan tersebut nantinya diperuntukkan dalam rangka menunjukkan kepada masyarakat kemampuan dan kesiapan Sabhara dalam rangka pengamanan Pemilukada tahun 2018.

Skema yang akan dilakukan dalam pengamanan sendiri, HV Sihombing mengatakan bahwa nantinya akan dibentuk satgas-satgas sesuai dengan wilayah yang melibatkan Polres-polres setempat. Sedangkan untuk Polda Kalbar saat ini sudah dibentuk satgas yang melibatkan hampir 2.000 personel.

“Nanti satgas inilah yang akan melakukan pengamanan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di seluruh wilayah Polda Kalbar,” pungkasnya.

Saat ini, sejak awal tahun 2018, pihaknya juga sudah terlibat dalam pengamanan seluruh rangkaian proses pemilu kada yang ada di Kalbar.

“Beberapa anggota kita sudah melakukan pengamanan di Kantor KPU dan di Kantor Bawaslu. Mereka setiap hari 24 jam kita tugaskan untuk pengamanan disana. Apabila terhadi hal-hal yang tidak diinginkan, maka mereka akan kita pertebal dan perkuat jumlah personelnya,” tambahnya.

Melalui latihan tersebut, dia menegaskan bahwa Sbhara siap untuk turut mengamankan jalannya proses pilkada Kalbar 2018. (rah/ind)