KPU Kubu Raya Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 136

KPU Kubu Raya Verifikasi Dukungan Calon Perseorangan
Ilustrasi. Net
PONTIANAK, SP - Ketua KPU Kabupaten Kubu Raya, Gustiar mengatakan saat ini pihaknya kembali melakukan verifikasi data dukungan untuk dua pasangan calon perseorangan yang akan maju pada Pilkada Kubu Raya.

"Saat ini kita sedang melakukan tahap penelitian data administrasi terhadap berkas yang diserahkan oleh dua pasangan bakal calon Bupati Kubu Raya dari jalur perseorangan, yakni pasangan Werry Syahrial-HM Nasir dan M Sholeh-Martinus," kata Gustiar di Sungai Raya, Selasa (23/1).

Dia mengatakan, dari hasil verifikasi tersebut, KPU Kubu Raya akan melakukan tahap verifikasi faktual pada tanggal 30 Januari sampai 5 Februari 2018.

Gustiar menjelaskan, dari hasil verifikasi dukungan dan sebaran yang disampaikan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya dari jalur perseorangan yang dimulai dari tanggal 18 sampai dengan 20 Januari 2018, ada dua pasangan calon yang menyerahkan data tambahan untuk dukungan pada tanggal 20 Januari kemarin.

Untuk pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Werry Syahrial yang berpasangan dengan H.M. Nasir Mashudi yang menyerahkan data dukungan tambahan sebanyak 38.904 dukungan, kemudian untuk pasangan calon Muhammad Sholeh dan Martinus yang menyerahkan data dukungan tambahan sebanyak 57.570 dukungan.

Dia menambahkan, ada satu pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati dari jalur perseorangan yang menyatakan tidak menambah data dukungannya, yaitu pasangan Suronto dan Alexander. Mereka menyatakan tidak mampu menyerahkan data tambahan dengan batas minimal yang telah ditentukan dalam Peraturan KPU, sehingga hanya ada dua pasangan calon yang masuk dalam tahap berikutnya.

"Sementara itu, dari hasil tes kesehatan yang dilakukan oleh tim Ikatan Dokter Indonesia melalui KPU provinsi terhadap pemeriksaan bakal balon Bupati dan Wakil Bupati Kubu Raya, semuanya dinyatakan lolos tes kesehatan dan bisa mengikuti tahapan selanjutnya," tuturnya.

Untuk Kubu Raya sendiri ada lima pasangan calon yang mendaftar, dimana tiga diantaranya ada pasangan dari jalur perseorangan dan dua pasangan yang diusung dari jalur parpol.

"Tiga pasangan calon yang maju dari jalur perseorangan yaitu, Weery Syahrial-HM Nasir, Suronto-Alexander dan M Sholeh-Martinus. Sedangkan untuk pasangan yang diusung dari parpol yaitu pasangan Muda Mahendrawan-Sujiwo dan Hamzah Tawil-Rohim," katanya.

Gustiar menegaskan, saat ini hanya tersisa empat pasangan Balon Bupati Kubu Raya yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya, sebelum ditetapkan sebagai pasangan Calon Bupati. (ant/jee)