Olimpiade Nasional 7, Ini Para Juara Kalbar yang Bakal Bertanding ke Yogyakarta

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 1174

Olimpiade Nasional 7, Ini Para Juara Kalbar yang Bakal Bertanding ke Yogyakarta
Pemberian medali kepada para juara Olimpiade Nasional 7 di Kalbar, Sabtu (27/1). (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Olimpiade Nasional 7 yang diselenggarakan oleh Emerald Education Centre (EEC) bekerja sama dengan  pihak SMP Muhammadiyah 1, telah mengumumkan hasil perlombaan yang dilaksanakan sejak Sabtu (27/1) pukul pagi, di SMP Muhammadiyah 1 Pontianak, Jalan Ahmad Yani. 

Sebanyak 156 siswa/i SD dan SMP yang keluar sebagai juara dari keseluruhan peserta sebanyak 494 orang dari berbagai sekolah.

Mereka yang juara ini akan mewakili Kalbar dalah gelaran Olimpiade Nasional 7 di Yogyakarta pada bulan Juli mendatang.

Olimpiade ini terdiri dari tiga kategori yaitu, Bahasa Inggris, Matematika dan Sains. Ketagori-kategori ini dibagi dalam empat level, yaitu level satu untuk siswa SD kelas 1-2, level dua untuk siswa SD kelas 3-4, level tiga untuk siswa kelas 5-6 dan level empat khusus untuk siswa SMP kelas 7-8-9.

Dari 156 siswa/i tersebut di antaranya merupakan perwakilan yang meraih peringkat pertama di setiap level dan kategori, yaitu Bahasa Inggris level 1 Joshia Edward Gamaliel (SDK Alam Kudus), level 2 Ovllia Velyca Willy Wijaya (SDS Adicita Mulia), level 3 Laura Christabel (SDS Paroki Sanggau) dan level 4 Nadya Pandora Lim (SMPK Santo Petrus).

Kategori Matematika, peraih peringkat pertama pada level 1 Warren Xing (SDK Karya Yosef), level 2 Kerensia Valeria (SD Tunas Bangsa), Level 3 Vanessa (SD Plus Gembala Baik Pontianak), Level 4 Mas Eaufrat Piustan (SMP Katolik Santo Petrus).

Kategori Sains, level 1 Fahry Anandya Azka (SDS Adicita Mulia), level 2 Nathania Angel (SD Plus Gembala Baik Pontianak), level 3 Steven William Khowroland (SD Plus Gembala Baik Pontianak) dan level 4 Syifa Azmi Larasati (SMP Muhammadiyah 1 Pontianak).

Ketua panitia, Erwan mengatakan bahwa ajang tersebut merupakan penyisihan dari ajang Olimpiade Nasional 7 yang digelar oleh EEC yang pertama kali dilaksanakan di Kalbar.

Dari beberapa peserta diakuinya berasal dari daerah di luar Kota Pontianak. 

Di antaranya Kabupaten Ketapang, Kayong Utara, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sintang dan Kabupaten Mempawah.

“Ini adalah ajang bagi mereka yang mempersiapkan diri pada OSN yang akan datang. Untuk melihat sejauh mana sih persiapan mereka, sehingga mampu mempersiapkan diri lebih baik lagi,” ujarnya.

Di berharap tim perwakilan dari Kalbar di Omnas 7 akan dapat membawa nama baik Kalbar dan mengumpulkan medali sebanyak-banyaknya.

Direktur Utama EEC, Andreas, mengatakan bahwa ajang tersebut yang terutama agar para siswa dapat termotivasi agar dapat lebih menggali motivasi.

Pihak EEC telah menyiapkan hadiah yang cukup besar bagi para juara Omnas 7 tersebut. Dengan total hadiah utama pada babak final nasional berjumlah Rp215 juta dan berbagai hadiah menarik lainnya seperti field trip ke Hongkong bagi juara umum, 12 tiket field trip ke Singapura, 12 tiket ke Malaysia dan 12 tiket ke bali. Serta uang tabungan bagi juara 1,2 dan 3.

“Kita punya semacam simbol aku anak hebat Indonesia. Jadi kita ingin ketika mereka bertanding ke luar negeri pun mereka siap,” tuturnya. (rah)