KPU Kota Pontianak Rampungkan Verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 339

KPU Kota Pontianak Rampungkan Verifikasi Parpol Calon Peserta Pemilu
Ketua KPU Pontianak, Sujadi. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pontianak, telah merampungkan tahapan verifikasi faktual kepengurusan 12 parpol di tingkat kota sebagai calon peserta Pemilu 2019.

"Ada tiga hari ini (30 Januari-1 Februari), ini hari terakhir. Jadi 12 partai sudah kita verifikasi," ujar Ketua KPU Kota Pontianak Sujadi, kepada awak media saat di temui di Kantor DPD Partai Golkar Pontianak.

Di hari terakhir, KPU memverifikasi lima partai, yaitu PPP, PKPI, PKS, Gerindra, dan Golkar. Hal-hal yang diverifikas adalah struktur ketua, sekretaris, bendahara, domisili kantor, dan memperhatikan 30 persen keterwakilan perempuan.

Sujadi mengatakan, verifikasi yang dilakukan secara umum berjalan lancar meski ada sedikit yang harus diperbaiki namun bisa segera diatasi oleh parpol.

"Ada kekurangan pun, sudah mereka bisa penuhi. Misalnya kantor belum dapat surat keterangan domisili kelurahan, jadi mereka siapkan. Lalu keterwakilan perempuan tidak hadir dua orang, tapi mereka bisa hadirkan," jelasnya.

Hasil verifikasi faktual di hari terakhir, akan diumumkan pada 2 Ferbruari. Sujadi menjelaskan, apabila ada yang belum memenuhi syarat, maka diberikan waktu untuk perbaikan.

"Mulai besok (2 Februari) akan menyiapkan perbaikan dan diserahkan kepada kami, sampai tangal 5 Februari. Nanti tanggal 5 atau tanggal 6 (Februari) akan kita tetapkan," terangnya.

"Kalau tidak salah saya tanggal 7 Februari itu KPU RI akan menetapkan peserta Pemilu tahun 2019," katanya. (umr)