Akses Website Ini, Warga Bakal Tahu Terdaftar atau Tidak Sebagai Pemilih

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 261

Akses Website Ini, Warga Bakal Tahu Terdaftar atau Tidak Sebagai Pemilih
Anggota KPU RI, Viryan Azis. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah gencar menyosialisasikan bahwa setiap warga dapat mengakses informasi publik yang ada di KPU.

Anggota KPU RI Viryan saat menghadiri rapat koordinasi bersama Mabes Polri dan TNI se-Indonesia di Hotel Golden Tulip Pontianak, Senin (5/2), mengatakan hal ini agar persoalan seperti di Pilkada DKI Jakarta pada 2017 lalu, di mana pemilih baru mengetahui dirinya belum terdaftar sebagai pemilih di hari pemungutan suara, tidak terulang dalam Pilkada serentak 2018.

"Padahal KPU punya yang namanya sistem informasi data pemilih. Ada website yang bisa diakses oleh siapapun untuk mengetahui dirinya terdaftar atau tidak. Tapi sebagian pemilih Jakarta yang kemarin hari H muncul ke permukaan, yang tidak terdaftar baru tahu pada saat tersebut. Maka sosialisasi terkait dengan akses informasi publik ini kami gencarkan," ujarnya kepada awak media usai rakor.

Selain sistem informasi data pemilih, Viryan juga menyosialisasikan regulasi baru yang mungkin banyak publik belum mengetahui.

Ia melanjutkan, saat ini KPU juga telah memiliki portal informasi www.infopemilu.kpu.go.id.

"Di situ seluruh aktivitas pemilihan serentak 2018 ada. Mulai dari data pemilih, data pasangan calon, kegiatannya, tahapannya sedang apa, anggarannya berapa itu lengkap di situ," katanya.

"Tapi ini belum banyak diketahui oleh publik. Dengan kegiatan kita sosialisasikan juga," pungkasnya. (umr)