Ruang Seksi Identitas Dukcapil Berjubel Warga, Midji Kesal!

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 315

Ruang Seksi Identitas Dukcapil Berjubel Warga, Midji Kesal!
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji tengah melihat kerja petugas di ruang KA Seksi Identitas Penduduk, di Dukcapil Pontianak, Senin (5/2). (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Wali Kota Pontianak, Sutarmidji meninjau ruang perekaman e-KTP, Disdukcapil Pontianak, usai membuka Musrenbang Pontianak Selatan, Senin (5/2).

Dia terkejut lantaran di ruang KA Seksi Identitas Penduduk, Bidang Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil dipenuhi warga.

Ruang itu merupakan tempat pengecekan status e-KTP. Namun ramainya warga yang langsung menunggu di depan meja petugas, menurutnya ada yang salah.

Dia menjelaskan, lamanya antrean cetak kebijakannya bukan pada Pemerintah Kota. Masyarakat tak tahu bahwa pencetakan sempat vakum lantaran kasus korupsi dan data ada di server pusat.

Belum lagi soal ketersediaan blangko. Kadang perekaman sudah dilakukan, tapi blangko kosong. Untuk mendapatkannya, harus ambil ke pusat. Tak jarang jumlah yang dibawa pulang tak sesuai ajuan. Ketika sudah dapat pun, maksimal satu mesin hanya bisa mencetak 150 e-KTP sehari. Masalahnya selalu berkutat di hal tersebut.

"Tambah lagi masyarakat tak sabar semua mau duluan, masuk ke ruangan ini padahal antre itu di bawah. Jadi harusnya ruangan ini steril, seminggu lagi steril, tidak ada siapa pun masuk sini, tunggu di bawah," katanya. (bls)