Wakasatlantas: Tak Ada Toleransi Pelajar Belum Cukup Umur Bawa Motor

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 169

Wakasatlantas: Tak Ada Toleransi Pelajar Belum Cukup Umur Bawa Motor
Razia kendaraan pelajar yang dilakukan Dishub Kota Pontianak, Senin (5/2). (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Diamankannya 33 kendaraan bermotor siswa atas razia yang digelar Dinas Perhubungan, Polresta Pontianak dan Pom AL menunjukkan masih banyak siswa yang bandel.

Wakil Kasatlantas Polresta Pontianak, AKP Slamet menegaskan para pelajar SMP belum layak menggunakan sepeda motor.

"Kita tidak henti-hentinya melakukan penertiban terhadap pelajar SMP yang menggunakan sepeda motor sesuai dengan Surat Edaran Wali Kota terkait larangan pelajar yang belum berusia 17 tahun dan belum memenuhi syarat mengantongi SIM," katanya, Senin (5/2).

Dari hasil pantauan petugas, baik Satlantas Polresta Pontianak ataupun Dinas Perhubungan masih banyak pelajar di bawah umur yang menggunakan kendaraan sepeda motor. Pihaknya pun akan terus melakukan penindakan berupa penilangan.

"Kita tidak ada toleransi terhadap pelajar yang belum cukup umur untuk mengendarai sepeda motor. Sepeda motornya kita amankan di Polresta dan Guru BK, Wali Kelas dan orang tua murid akan saya panggil," terangnya.

Dia menginginkan pihak sekolah terus mengimbau siswa-siswinya supaya tidak menggunakan sepeda motor ke sekolah. Demikian pula para orangtua siswa, terus melakukan pengawasan terhadap anak-anaknya dan tidak mengizinkan anak-anak mereka yang masih di bawah umur menggunakan sepeda motor.

"Tindakan-tindakan ini tidak akan maksimal tanpa adanya peran aktif dari pihak sekolah dan terutama orang tua," pungkasnya. (bls)