Gempa Fisip Untan Bakal Taklukan Salah Satu Gunung Tertinggi Dunia

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 344

Gempa Fisip Untan Bakal Taklukan Salah Satu Gunung Tertinggi Dunia
Tim Gempa Fisip Untan. (ist)
PONTIANAK, SP - Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam (Gempa) Fisip Untan akan melakukan pendakian salah satu puncak tertinggi dunia, yaitu puncak Gunung Jaya Wijaya atau puncak Cartenz, di Provinsi Papua.

Ketua pelaksana ekspedisi pendakian tujuh puncak NKRI Gempa Fisip Untan, Sally Suprianto, menuturkan bahwa Gempa Fisip Untan akan melaksanakan ekspedisi pendakian yang ketujuh, pada puncak Cartenz yang merupakan puncak tertinggi di Indonesia dan merupakan salah satu puncak tertinggi di dunia. Dengan ketinggian 4.884 Mdpl, pada 8 sampai 19 Februari 2018.

Pendakian tersebut dikatakannya dilakukan dalam rangka hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tahun 2017, namun dikarenakan terdapat beberapa pada proses pelaksanaannya, untuk itu pendakian puncak ketujuh pada puncak Cartenz baru dapat dilakukan pada tahun 2018.

“Pulang ke Kalbar lagi tanggal 19 Februari,” katanya, Rabu (7/2).

Dalam keberangkatan ini, dia menuturkan rute yang digunakan yaitu dari Pontianak transit di Makasar, setelah itu langsung ke Timika Papua dan langsung bertemu dengan para pendaki lain dari pulau Jawa, serta pendaki dari luar negeri.

“Jadi ngumpulnya di Timika, setelah itu baru sama-sama menuju ke gunung Jaya Wijaya,” imbuhnya.

Jumlah pendaki yang akan melakukan pendakian ke puncak Cartenz menurut Sally belum dapat dipastikan jumlahnya, kemungkinan minimal berjumlah lima orang pendaki.

Sementara untuk pendaki dari Pontianak, Sally menuturkan hanya dirinya saja yang akan berangkat.

Biaya yang digunakan untuk melakukan pendakian ke puncak Cartenz, mulai dari keberangkatan hingga kepulangan dikatakan Sally merupakan salah satu puncak yang cukup mahal untuk didaki di Indonesia, yaitu kurang lebih Rp30 juta sampai Rp35 juta per orang.

Untuk dana pendakian tersebut, dirinya mendapat suport dari Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Sebelum keberangkatan pendakian ke puncak Cartenz, tim UKM Gempa Fisip Untan sebelumnya telah menaklukkan enam gunung tertinggi lainnya di Indonesia.

Mulai dari puncak Kakang di Bukit Raya, Kabupaten Kartingan, Provinsi Kalimantan Tengah, gunung Binaya, Maluku, gunung Latimojong, Sulawesi, gunung Semeru, Jawa, gunung Rinjani, NTB dan gunung Kerinci, Sumatera.

“Mudah-mudahan bendera organisasi ini bakal bisa dikibarkan di nasional maupun internasional ke depannya,” tutupnya. (rah)