Timsel Umumkan Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU Kalbar

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 505

Timsel Umumkan Tahapan Seleksi Calon Anggota KPU Kalbar
TIMSEL - Timsel calon anggota KPU Provinsi Kalbar periode 2018-2023. Tim ini akan mulai menyeleksi calon komisioner KPU Provinsi Kalbar mulai 12 hingga 21 Februari 2018. Mereka yang terpilih akan langsung dihadapkan dengan pelaksanaan Pilkada Kalbar seren
PONTIANAK, SP - Tim seleksi (Timsel) calon anggota KPU Provinsi Kalbar, mengumumkan tahapan seleksi calon anggota KPU Provinsi Kalbar periode 2018-2023 di Kantor KPU Provinsi, Jalan Subarkah Nomor 1 Pontianak, Selasa (6/1).

Ketua Timsel AR Muzammil menyampaikan, tahapan seleksi ini diawali dengan pengumuman informasi tahapan selama tiga hari, 7-9 Februari 2018.

"Kemudian dilanjutkan dengan tahapan pendaftaran selama tujuh hari, 12-21 Februari 2018," ujarnya.

Ia menjelaskan, apabila pada masa pendaftaran ternyata pendaftar kurang dari 60 orang, maka dapat dilakukan satu kali perpanjangan waktu pendaftaran.

Dilanjutkan, untuk tahapan berikutnya adalah penelitian administrasi calon anggota KPU Provinsi, 13-26 Februari. Timsel akan mengumumkan 60 calon yang lolos administrasi pada 27 Februari 2018.

Pada tahapan ketiga yakni penelitian administrasi ini, sudah termasuk dalam bagian proses menggugurkan calon anggota.

"Itu sudah menjadi bagian dari proses yang menggugurkan terhadap calon anggota KPU Provinsi yang tidak memenuhi syarat administrasi," jelasnya.

Oleh karena itu, bagi semua peserta diminta untuk mengisi biodata dokumen pendaftaran secara lengkap, dan dilampirkan dengan bukti pendaftaran yang lengkap pula. Karena hal ini termasuk yang mempengaruhi dalam penilaian.

"Penelitian ini kami akan melihat misalnya ada skornya, di situ tidak dicantumkan. Tapi di dalam petunjuk teknis kami dikatakan begini, misalnya calon yang memiliki pendidikan S1, pendidikan S2, pendidikan S3 itu, berbeda nilai skornya," terang Muzammil.

"Kemudian calon yang mempunyai pengalaman dan tidak memiliki pengalaman, tentu berbeda skornya," imbuh dia.

Usai ditetapkan lolos, 60 calon anggota akan mengikuti tes tertulis dengan computer assisted test (CAT) pada 7 Maret 2018.

"CAT ini rencana kita sudah beberapa tempat kita coba untuk hubungi, karena ini membutuhkan komputer yang memiliki spek corei3," kata dia.

"Salah satu alternatif yang sudah kita kontak itu adalah di SMA Negeri 1," ucapnya.

Lebih lanjut, dari proses tersebut maka akan dijaring sebanyak 35 orang untuk mengikuti tes psikologi pada 8-12 Maret 2018.

"35 orang ini yang akan mengikuti tes psikologi. Kemungkinan kita akan menggunakan tim psikologi dari Polda Kalbar," terangnya.

Melalui tes psikologi, sambung Muzammil, timsel akan menentukan 30 orang untuk mengikuti tes kesehatan pada 19-23 Maret 2018, dan tahapan wawancara pada 26-27 Maret 2018.

"Yang berikutnya, kita mengharapkan klarifikasi dan tanggapan masyarakat terhadap semua calon yang tadi lolos di setiap tahapan. Tentu ini dimulai sejak masa pendaftaran itu," katanya.

"Dari proses tes kesehatan dan wawancara ini, maka nanti tim seleksi akan menentukan 10 orang atau dua kali lipat dari jumlah anggota KPU Provinsi Kalimantan Barat," jelasnya.

Ia mengatakan, 10 nama yang dinyatakan lolos pada 29 Maret-3 April 2018, selanjutnya akan diserahkan ke KPU RI untuk dijaring lima orang sebagai calon anggota yang akan ditetapkan sebagai anggota KPU Provinsi Kalbar periode lima tahun ke depan.

Timsel yang resmi dilantik pada akhir Januri lalu ini terdiri dari AR Muzammil selaku ketua, Nurul Wahidah sebagai sekretaris, Kristianus Atok, Jumadi, dan Muhammad Isa yang masing-masing sebagai anggota.

Saat ini, timsel berkantor satu komplek dengan Kantor KPU Provinsi Kalbar di Jalan Subarkah Nomor 1 Pontianak. (umr/lis)