Utin: Trans Pontianak Khatulistiwa Prioritaskan Pelajar

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 322

Utin: Trans Pontianak Khatulistiwa Prioritaskan Pelajar
Bus Trans Khatulistiwa Pontianak. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi mengatakan di tahun ini bus Trans Pontianak Khatulistiwa akan diprioritaskan untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Hal itu diputuskan usai evaluasi terhadap penggunaan Bus Rapid Transit (BRT) bantuan pusat tersebut. Apalagi selama ini masih ditemukan siswa SMP yang membawa kendaraan bermotor ke sekolah.

"Penggunaannya banyak dimanfaatkan oleh para pelajar. Kami sudah jemput bola, tapi tetap di lokasi-lokasi yang ada opelet atau angkutan umum lain, BRT tidak beroperasi, karena dapat mengganggu mata pencaharian angkutan itu,” ujarnya, Jumat (9/2).

Dia mengklaim, sepanjang tahun 2017 para pelajar banyak yang menggunakan bus Trans Pontianak Khatulistiwa tersebut. Sayangnya, angka pasti saat itu tak dipegangnya. Namun jika melihat upaya Dishub dalam jemput bola, hal itu tak bisa dipungkiri. Mereka bahkan datang langsung ke sekolah untuk mendata siswa dan lokasi tempat tinggal mereka. Di titik mana mereka akan diantar-jemput tiap harinya.

Sementara masyarakat umum masih belum besar gairahnya untuk menggunakan Trans Pontianak Khatulistiwa. Selain lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, yang jauh lebih nyaman untuk mengakses wilayah Kota Pontianak yang tidak besar, persaingan layanan transportasi lain cukup ketat.

Transportasi online pun mulai tumbuh dan marak di Pontianak. Lebih mudah, transportasi online ini bisa langsung menjemput hingga ke rumah. Sedangkan Trans Pontianak Khatulistiwa hanya menjemput di jalan-jalan dan halte. (bls)


Komentar