Antisipasi Politik Uang dalam Pilkada, Polda Kalbar Siapkan Satgas Money Politic

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 266

Antisipasi Politik Uang dalam Pilkada, Polda Kalbar Siapkan Satgas Money Politic
Dirkrimum Polda Kalbar, Kombes Pol Arief Rachman. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Dalam rangka mengantisipasi politik uang pada Pilkada serentak 2018, Polda Kalbar telah membentuk sejumlah satuan tugas (satgas) di setiap jajarannya. Pembentukan ini berdasarkan instruksi Kapolri.

"Untuk mengantisipasi masalah tersebut, tentunya Polda Kalimantan Barat sesuai dengan perintah Kapolri, dan seluruh Polres jajaran telah membentuk satgas, yaitu Satgas Money Politic," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar, Kombes Arief Rachman, menyampaikan sambutan Kapolda dalam acara deklarasi tolak dan lawan politik uang dan politisasi SARA yang digelar Bawaslu Kalbar di Pontianak, Rabu (14/2).

Ia menjelaskan, Satgas Money Politic ini bertugas melaksanakan penindakan secara hukum dugaan politik uang pada setiap tahapan Pilkada.

"Yang kegiatannya dititik beratkan kepada upaya-upaya untuk melakukan tindakan-tindakan hukum sesuai prosedur yang ada agar tercipta situasi yang aman dan kondusif," katanya.

Dikatakan, sasaran operasi Satgas dimulai dari tahapan pendaftaran, kampanye, pemungutan suara, perhitungan dan rekapitulasi hasil pemungutan suara, hingga tahapan penetapan pasangan terpilih.

"Dan tahapan-tahapan lainnya yang diperlukan untuk kegiatan tersebut," jelasnya.

Selain itu, Polda Kalbar juga telah membentuk Satgas Cyber Crime yang akan memantau setiap perkembangan dan situasi di media sosial.

"Mudah-mudahan tahapan pemilihan kepala daerah di wilayah hukum Polda Kalbar tahun 2018 dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta situasi, keamanan tetap terjaga dan kondusif," tutupnya. (umr)