Pesan Pj Gubernur Kepada Penyelenggara Pemilu di Kalbar

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 236

Pesan Pj Gubernur Kepada Penyelenggara Pemilu di Kalbar
Kepala Kesbangpol Kalbar, Hatta. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Dodi Riyatmadji, melalui Kepala Kesbangpol Provinsi Kalbar, Hatta, berpesan agar penyelenggara Pemilu baik di tingkat provinsi dan daerah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Hal itu disampaikan dalam acara deklarasi tolak dan lawan politik uang dan politisasi SARA untuk Pilkada serentak 2018 beritegritas, yang diselenggarakan Bawaslu Kalbar di Hotel Orchardz, Pontianak, Rabu (14/2).

"Saya berharap kepada penyelenggara Pilkada baik KPU kabupaten/kota dan Panwaslu kabupaten/kota yang turut serta dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2018, agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Berkenaan dengan berbagai isu dan informasi negatif yang dapat mencederai pesta demokrasi, Hatta mengatakan, semua pihak harus ambil bagian meyakinkan masyarakat agar dapat berpikir positif dan rasional.

"Masyarakat harus mengedepankan tujuan negara, yakni mewujudkan pemerintah yang demokrasi," katanya.

Ia menjelaskan, tujuan Pilkada adalah memilih kepala daerah yang akan menentukan masa depan suatu daerah. Untuk itu, baik pemerintah maupun masyarakat harus bersikap tegas dengan sesuatu yang akan memberikan suasana tidak aman.

"Saat Pilkada banyak bermunculan hal provokatif. Di kalangan masyarakat, provokasi tersebut bertujuan untuk mengggalkan Pilkada. Surat suara yang tercoreng, money politic, jual beli suara dan penggelembungan daftar pemilih tetap, sehingga perlu dipersiapkan secara mantap langkah-langkah yang harua dilakukan baik pemrintah provinsi maupu kabupaten/kota dalam inventarisasi permasalahan yang kemungkinan harus ditangani pada saat pelaksanaan Pilkada serentak," paparnya.

Pemprov Kalbar berharap, untuk mewujudkan Pilkada berintegritas, koordinasi yang baik terus dibangun di masing-masing sektor.

"Harapan kita dengan acara deklarasi ini, seluruh stakeholder di Provinsi Kalimantan Barat akan senantiasa berupaya untuk lebih mengutamakan kepentingan bersama," pungkasnya. (umr)