Soal Parkir Liar Transmart, Ini Penyebab Utama dan Solusinya

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 72

Soal Parkir Liar Transmart, Ini Penyebab Utama dan Solusinya
Rapat pembahasan parkir liar di area Transmart, Rabu (14/2). (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Dirlantas Polda Kalbar, Kombes Pol Nanang Masbudi, menyebutkan parkir liar di area Transmart Kubu Raya lantaran kapasitas parkir yang belum optimal, manajemen parkir yang belum sempurna dikarenakan masih trial, hal itu menurutnya yang menimbulkan permasalahan.

Dari hasil pertemuan, Nanang Masbudi menyampaikan terdapat beberapa solusi, mulai dari jangka pendek, sedang, menengah dan jangka panjang.

Salah satunya yaitu meminta pihak Transmart untuk mengoptimalkan manajemen parkir.

“Artinya antara suplay dan demand itu seimbang pelayanannya, sehingga tempat parkir itu dapat dioptimalkan. Baik mengenai tata letaknya, penempatannya itu bisa optimal,” imbuhnya.

Pertemuan tersebut juga menghasilkan saran untuk membuat daerah kantong-kantong parkir dengan memanfaatkan daerah-daerah lahan kosong di sekitar Transmart.

Beberapa lahan kosong dikatakannya telah ada, yaitu lahan milik Bumi Raya City, halaman parkir kantor Yamaha dan kantor-kantor terdekat, yang dapat digunakan sebagai lahan parkir.

Sementara untuk mengurai kemacetan, pihaknya akan terus melakukan mekanisme buka tutup pada lahan parkir yang ada, dengan melakukan mobilisasi parkir sesuai dengan lokasi yang kosong.

“Kalau dalamnya penuh, ada yang keluar kosong, masukkin lagi. Itu namanya buka tutup,” paparnya.

Selain itu, beberapa badan jalan yang ada akan dijadikan sebagi area parkir cadangan jika lahan parkir utama dan kantong parkir penuh.

“Itu fungsinya untuk cadangan, kalau emang penuh, meluber, apalagi menghadapi libur Imlek,” pungkasnya.

Namun untuk mengatur arus lalu lintas, pihak kepolisian dan perhubungan akan melakukan rekayasa dengan melakukan pengalihan arus pada jalur alternatif dan melakukan pengaturan arus lalu lintas. (rah)