Imlek, Pjs Wali Kota Pontianak Ajak Jaga Kondusifitas

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 391

Imlek, Pjs Wali Kota Pontianak Ajak Jaga Kondusifitas
Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah. (ist)
PONTIANAK - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah mengajak masyarakat Kota Pontianak menjaga suasana tetap kondusif selama perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

Terciptanya suasana kondusif katanya penting agar semua tetap nyaman beraktivitas.

"Yang tidak merayakan Imlek menghargai saudara yang merayakannya, jaga kondisi dalam tetap tenang, tidak ada masalah dan yang merayakan juga merasa tenang merayakan Imleknya," kata Mahmudah, Jumat (16/2).

Saling menjaga dan menghargai perayaan sesama akan sudah jadi kebiasaan. Apalagi di Pontianak yang heterogen. Sudah sejak dulu, hal macam ini jadi pegangan. Mahmudah mengungkapkan, Imlek dan Cap Go Meh sejatinya adalah budaya yang harus terus dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya.

"Karena itu adalah kekayaan yang dimiliki Pontianak dan Kalbar," sebutnya.

Dia berujar, bagaimana pun, baik yang merayakan Imlek dan yang tidak, sama-sama merupakan warga Pontianak. Bahkan, warga negara Indonesia.

Oleh karena itu, dia meminta untuk memberikan rasa aman, nyaman kepada seluruh warga Kalbar khususnya Kota Pontianak.

Pjs yang akan memimpin Pontianak sampai 23 Juni 2018 mendatang ini juga menyebutkan Pemerintah Kota Pontianak berkolaborasi dengan komunitas yang merayakan Imlek dan Cap Go Meh.

 Misalnya saja dengan Festival Cap Go Meh yang memiliki agenda seperti pawai dengan menggunakan Barongsai atau Arakan Naga.

"Untuk itulah juga perlu mempertimbangkan warga lainnya, paling tidak menjaga agar jangan sampai terjadi macet dan dari pawai tersebut juga sudah diatur Pemkot Pontianak dan pihak kepolisian. Dengan demikian masyarakat yang tidak merayakan juga merasa tidak terganggu dan dapat menikmatinya bersama," ujar Mahmudah.

Untuk Festival Cap Go Meh sendiri akan dimulai 24 Februari 2018. Kegiatannya akan dipusatkan di Jalan Diponegoro dan Jalan Gajah Mada. Maka dari itu, pejabat yang sebelumnya menjadi Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Kalbar ini meminta rasa aman dan nyaman diutamakan.

"Sebagai warga Kota Pontianak yang sudah puluhan tahun bersama tanpa ada masalah, semoga tetap berjalan dengan keadaan yang aman dan nyaman apalagi kita akan menghadapi Pilkada serentak," pungkasnya. (bls)