Lanud Supadio Siapkan Satu Pleton Pasukan Siaga Karhutla

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 298

Lanud Supadio Siapkan Satu Pleton Pasukan Siaga Karhutla
Pemadaman Karhutla oleh pasukan Lanud Supadio. (ist)
PONTIANAK, SP-Pangkalan TNI AU Supadio menyiapkan satu pleton pasukan yang disiagakan mengantisipasi mulai maraknya terjadi kebakaran hutan dan lahan di provinsi Kalimantan Barat khususnya di wilayah kabupaten Kuburaya, Jumat (16/2).

“Kita menyiagakan satu pleton pasukan dalam mengatasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, mereka siap digerakkan kapan saja apabila dibutuhkan sekaligus kita terus berkoordinasi secara intens dengan instansi lainnya dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang saat ini mulai marak terjadi,” demikian disampaikan Danlanud Supadio,  Marsekal Pertama TNI Minggit Tribowo.

Pasukan ini secara operasional akan melaksanakan patroli di sejumlah wilayah sekaligus melakukan pemadaman api apabila ditemukan titik api. 

Selain itu mereka juga turut mengajak masyarakat agar turut berperan serta mengawasi lingkungannya agar tidak terjadi kebakaran.

Selain menyiagakan pasukan siaga Karhutla, Lanud Supadio turut memantau perkembangan sejumlah titik-titik api yang mulai banyak terjadi di wilayah kabupaten Kubu Raya menggunakan helikopter jenis Puma. 

Hasil pantauan melalui udara ini akan dijadikan laporan kepada instansi terkait guna melaksanakan pemadaman. 

Dalam beberapa hari terakhir masyarakat Kalimantan Barat mulai mengeluhkan banyaknya asap, kondisi ini tidak hanya mengganggu aktivitas masyarakat tetapi juga mengganggu operasional penerbangan mengingat kondisi ini menyebabkan terganggunya jarak pandang sehingga dapat membahayakan keselamatan penerbangan. (mul)