Kapolda Ajukan Pengadaan Helikopter Kepada Pj Gubernur, Fungsinya untuk Hal Ini

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 1236

Kapolda Ajukan Pengadaan Helikopter Kepada Pj Gubernur, Fungsinya untuk Hal Ini
Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, Pj Gubernur Dody Riyadmadji, dan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Achmad Supriyadi. (SP/Anugrah)
PONTIANAK, SP - Pada saat bincang-bincang setelah pagelaran kegiatan deklarasi kampanye damai pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalbar, dalam Pilkada 2018, di car free day, Jalan Ahmad Yani (depan Mega Mall), Minggu (18/2) pagi, Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono, sempat mengajukan permintaan pengadaan helikopter untuk melakukan pemadaman kebakaran lahan yang mulai terjadi di beberapa daerah di Kalbar.

Saat dikonfirmasi terkait percakapan tersebut, Pj Gubernur Kalbar, Doddy Riyadmadji, mengatakan saat ini pihaknya sedang meminta bantuan kepada BNPB untuk didatangkannya helikopter untuk melakukan water boombing terhadap kebakaran yang terjadi.

“Kita sedang mengajukan kepada BNPB. BNPB nanti yang akan menentukan bantuan tersebut,” ujarnya.

Mengenai seberapa parah kebakaran lahan yang terjadi di Kalbar, dia menyampaikan berdasarkan laporan kepada Presiden, beberapa waktu yang lalu, kebakaran saat ini menurun dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sangat menurun,” imbuhnya lagi.

Saat ini menurut Doddy, yang perlu dijaga hanya kekompakan antara Polda, Kodam dan Pemda, untuk dapat menggerakkan unit masing-masing.

“Karena memang kalau sudah kebakaran, lalu kemudian kena gambut, memang agak berat, itu masalahnya,” tutupnya. (rah)