Soal Pilkada, Irjen Pol (Purn) Erwin TPL Tobing: Kita Buktikan Persepsi Jakarta Salah

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 3807

Soal Pilkada, Irjen Pol (Purn) Erwin TPL Tobing: Kita Buktikan Persepsi Jakarta Salah
Irjen Pol (Purn) Erwin TPL Tobing. (ist)
PONTIANAK, SP - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia, Irjen Pol (Purn) Erwin TPL Tobing mengajak masyarakat membuktikan bahwa persepsi Jakarta yang menyebut Kalbar sebagai daerah rawan pilkada adalah salah. Dia sendiri mengapresiasi sambutan Kapolda Kalbar dan Pangdam XII Tanjungpura dalam Deklarasi Kampanye Pilkada Damai di area Car Free Day (CFD), Minggu (18/2).

"Sambutan itu betul-betul memberi ketenangan kepada masyarakat, bahwa aparat sudah siap. Yang penting adalah menghilangkan persepsi orang Jakarta kalau pilkada Kalbar masuk lima besar daerah rawan," katanya.

Legislatif asal PDI-Perjuangan ini pun mengingatkan bahwa keamanan tidak hanya bergantung kepada masyarakat, tapi semua yang terlibat. Selain itu, dia meminta para calon untuk tidak memprovokasi hal negatif. Dalam kampanye pun diharap tidak membawa suku agama.

Tunjukkan bahwa para calon punya sifat kenegarawanan, intelektual, dan memang calon pemimpin, bukan pejabat. Pemimpin adalah orang yang bisa menganyomi semua masyarakat.

"Mari kita jaga Kalbar, kita buktikan bahwa Kalbar aman, kita buktikan bahwa masyarakat Kalbar taat hukum," katanya.

Kepada semua ketua partai, dia meminta massa dan pendukung dikerahkan secara tertib. Para ketua partai ini juga punya tanggung jawab. Dan bersinergi untuk menjaga situasi.

"Kalau melihat yang ada tadi, saya optimis, dari dulu berapa kali pilkada, tidak ada gejolak, tokoh masyarakat ada di sini dan saling jaga semua," yakinnya.

Kesiapan pihak kepolisian dan aparat militer, menurut Irjen Pol (Purn) Erwin TPL Tobing, menunjukkan kesigapan dalam antisipasi. Kalaupun ada kejadian, dia yakin akan tertangani dengan baik.

"Jangan sampai terkesan tidak siap. Kalau itu terjadi, kapoldanya minggir," pungkasnya. (bls)