Anak Bermasalah Hukum di Pontianak Didominasi Pengguna Narkoba

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 165

Anak Bermasalah Hukum di Pontianak Didominasi Pengguna Narkoba
Pelatihan membuat batako. (ist)
PONTIANAK, SP - Pusat Layanan Anak Terpadu (PLAT) Kota Pontianak yang terletak di belakang Polsek Kota, Jalan Ampera, kini dihuni 15 anak. Lima di antaranya adalah anak punk dan sisanya Anak Bermasalah dengan Hukum (ABH).

Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Kota Pontianak, Edy Haryanto mengungkapkan ABH yang dibina kasusnya beraneka macam. Paling banyak pencurian dan penjambretan dengan umur rata-rata 15 tahun.

"Dari wawancara yang sudah dilakukan mereka pengguna narkoba. Di tempat itu kita bina, periksa kesehatannya dan memberikan gambaran akibat dari itu semua dan dampaknya," ucapnya Kamis (22/2).

Dia menerangkan penanganan ABH sudah ada Standar Operasional Prosedurnya. Mereka memang tak bisa dikenakan hukuman kurungan lantaran masih di bawah umur. Ketika pihak kepolisian menitipkan di Plat, ada surat resmi yang menyertai.

"Kita ada pengasuh. Apabila ada yang sakit dibawa berobat, rohani pelajaran agama, olahraga, bagian kejiwaan," ucapnya.

Di PLAT, anak dibiarkan berada di dalam ruangan. Mereka diawasi sejumlah penjaga. Sebagai pembinaan, Dinas Sosial memiliki sejumlah program. Tak hanya dibina secara mental, anak-anak ini juga diberi pembinaan spiritual. (bls)