LDII Kalbar Jalin Kerja Sama dengan IAIN Program Dai Kamtibmas

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 160

LDII Kalbar Jalin Kerja Sama dengan IAIN Program Dai Kamtibmas
MoU antara LDII Kalbar dengan FUAD IAIN Pontianak. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kalbar, menjalin kerja sama dengan Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, Kamis (22/2).

Kerja sama ini guna mendukung program pelatihan dai keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang sedang dirumuskan DPW LDII Kalbar. Di mana para trainer nantinya dibutuhkan dari tenaga akademisi.

"Tentu kami harus akui tentu masih sangat butuh dengan tenaga profesional yang dari IAIN," ujar Ketua DPW LDII Kalbar, Susanto.

Ia mengatakan, kerja sama ini tidak hanya di dalam pelatihan. Tapi juga dalam merumuskan konsep dakwah yang kekinian, mengikuti perkembangan zaman.

"Kalau ini tidak kami dapatkan, tentu nanti proses pembinaan, proses pemberdayaan umat nanti juga nggak akan maksimal.

Dekan FUAD IAIN, Samsul Hidayat, menyambut baik kerjasama ini. Menurut dia, selain menjalin kerjasama, IAIN ingin agar pembinaan masyarakat lebih intensif.

"Kebetulan di fakultas kita memiliki sumber daya yang cukup baik di bidang agama, kemudian psikologi dan lain-lain yang memang salah satu item kerja sama ini sangat dibutuhkan," ujarnya.

Program dai kamtibmas juga bekerja sama dengan pihak kepolisian. Pelatihan rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

"Kami pun juga berharap agar output atau lulusan dari fakultas ini semoga bisa diserap masyarakat, dan salah satunya oleh lembaga-lembaga keagamaan yang memang secara konsisten mengembangkan dakwah," pungkas Hidayat. (umr)