Penangkapan Pencuri Burung Murai Berlangsung Dramatis, Polisi Sempat Kejar-kejaran dengan Pelaku

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 196

Penangkapan Pencuri Burung Murai Berlangsung Dramatis, Polisi Sempat Kejar-kejaran dengan Pelaku
Barang bukti sangkar burung yang diamankan polisi. (ist)
PONTIANAK, SP - Polisi berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian burung murai, YMA (19) yang melakukan pencurian di Jalan Karet, Komplek Didis Permai Nomor B13, Kelurahan Sungai Beliung, Kecamatan Pontianak Barat. Rabu (22/2).

Kapolsek Pontianak Barat, Kompol Bermawis, menjelaskan bahwa salah satu tersangka atas nama Rz saat ini masih buron.

Dia menjelaskan pencurian terjadi saat korban sedang memandikan burung  jenis murai batu di teras rumah. Setelah memandikan burung, korban menyimpan burung dan sangkarnya di teras rumah, tepatnya di gantung di teras, kemudian korban masuk ke dalam rumah dan beristirahat. 

Sekira pukul 12.30 WIB, saat korban sedang berada di dalam kamar, korban mendengar suara teriakan anak korban 

“Bapak ada yang nyuri burung bapak," ujar Kapolsek menirukan.

Mendengar teriakan tersebut, korban langsung keluar dan melihat dua orang laki-laki menggendarai sepeda motor merk Yamaha Mio Sporty warna merah marun, sedang membawa sangkar burung milik korban yang digantung di teras rumah.

Saat berupaya mengejar tersangka, korban sempat kehilangan arah kedua pelaku yang lari menggunakan sepeda motor. 

Pada saat itu, dikatakan Bermawis, anggota Reskrim sedang melaksanakan kring Serse di wilayah hukum Pontianak Barat.

“Anggota melihat korban dan bertanya kepada korban apa yang terjadi, maka korban menjelaskan kepada anggota dengan memberikan ciri-ciri kedua pelaku yang membawa sangkar burung dan burung murai milik korban,” katanya.

Mendapati laporan tersebut, anggota Reskrim dibagi menjadi dua regu yang dimana regu kesatu mengejar kedua pelaku dari Jalan Karet dan Jalan Tabrani Ahmad, sedangkan regu kedua mengejar melalui Jalan Komodor Yos Sudarso dan Jalan Tebu.

Pihak kepolisian selanjutnya menemukan kedua pelaku sedang melintasi Jalan Tabrani Ahmad dan dilakukan pengejaran terhadap kedua pelaku. Saat kedua pelaku akan masuk ke dalam Gang Mandau Permai, yang berada di Jalan Tabrani Ahmad, Kecamatan Pontianak Barat, anggota memberikan peringatan kepada kedua pelaku.

“Maka pelaku Rz, saat itu terjun dari atas motor dengan membawa satu ekor burung murai milik korban dan berhasil lari ke dalam semak-semak sedangkan pelaku YMA berhasil diamankan bersama sepeda motor dan sangkar burung,” imbuhnya.

Sehingga atas kejadian tersebut, dia mengataakn korban mengalami kerugian sebesar Rp1,2 juta dan melaporkan kejadian tersebut ke Kantor Polsek Pontianak Barat untuk dilakukan proses penyidikan. 

Barang bukti yang disita yaitu, satu buah sangkar burung dengan ciri-ciri batangan bambu baru diganti dan satu unit sepeda motor merk Yamaha Mio Sporty warna merah marun dengan plat kendaraan KB 5496 SQ. (rah)