Ini Sembilan Prioritas Pembangunan Kota Pontianak Tahun 2019

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 147

Ini Sembilan Prioritas Pembangunan Kota Pontianak Tahun 2019
Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah. (SP/Balasa)
PONTIANAK, SP - Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah menyampaikan sembilan prioritas pembangunan sesuai Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun anggaran 2019. Prioritas itu dipakai guna meraih sejumlah target yang telah ditetapkan di tahun 2018 ini.

Target-target itu di antaranya pertumbuhan ekonomi sebesar 6,10-6,50 persen di tahun ini, dengan target tahun 2019 yang disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebesar 7,24 persen; angka kemiskinan pada tahun 2018 ditargetkan menjadi 4,63 persen, sedangkan tahun 2019 ditargetkan menjadi 4,54 persen, atau turun sekitar 0,09 persen.

Selanjutnya, untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di tahun 2018 ditargetkan sebesar 78,89 persen dan tahun 2019 ditargetkan jadi 79,34 persen. Atau naik sekitar 0,45 persen.

Maka untuk mencapai hal itu, digagaslah sembilan prioritas pembangunan Kota Pontianak ke depan. Di antaranya mendayagunakan dan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas dan berdaya saing; kemiskinan berkurang dengan signifikan; penyerapan angkatan kerja tinggi; pertumbuhan ekonomi mantap; pemerataan kualitas dan kuantitas infrastruktur perkotaan; memperkuat sistem sanitasi perkotaan; melanjutkan upaya peningkatan akses wilayah; memajukan sistem transportasi, dan; memperindah tampilan kota untuk memantapkan citra kota.

"Agenda itu agar ditindaklanjuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan disesuaikan pendanaannya dengan kemampuan anggaran," kata Mahmudah usai membuka Gabungan Forum Perangkat Daerah Kota Pontianak di Grand Mahkota Hotel, Senin (26/2) pagi.

Mahmudah pun mengintruksikan agar semua diutamakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang mendesak, dan berdampak luas ke masyarakat. (bls)