Debat Publik Paslon Pilgub Digelar Tiga Kali, KPU Siapkan Enam Tema Besar

Ponticity

Editor Andrie P Putra Dibaca : 332

Debat Publik Paslon Pilgub Digelar Tiga Kali, KPU Siapkan Enam Tema Besar
Tiga calon gubernur Kalbar. (SP/Umar)
PONTIANAK, SP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalbar dan tim dari tiga pasangan calon (paslon) dalam Pilgub Kalbar 2018, telah menyepakati jadwal perubahan debat publik pada masa kampanye.

Debat publik atau debat terbuka yang direncanakan digelar di Hotel Aston Pontianak, dijadwalkan tiga kali pelaksanaan, yaitu 31 Maret, 5 Mei, dan 21 Juni.

“Waktunya (estimasi debat) 90 menit. 30 menit itu untuk kegiatan iklan layanan masyarakat dan sebagainya. Untuk kegiatan debat itu selama 60 menit,” ujar Komisioner KPU Provinsi Kalbar, Misrawi, di Pontianak, Rabu (28/2).

Dalam debat nantinya, KPU akan mengangkat enam tema. Tema ini berdasar Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017.

Tema debat terkait visi dan misi paslon. Antara lain meningkatkan masyarakat dan memajukan daerah, meningkatkan pelayanan masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten/kota, provinsi dan nasional, dan memperkokoh NKRI dan kebangsaan.

“Nah ini adalah tema besar yang sudah ditetapkan oleh KPU berkaitan dengan tema-tema debat itu,” kata dia.

“Dari tema besar ini, nanti kita akan membuat satu tema spesifik masing-masing debat. Artinya, ada tiga kali debat itu ada tiga tema besar,” terangnya.

KPU akan menunjuk tim perumus yang akan merumuskan materi debat. Pada acara nantinya, KPU juga akan menyiarkan secara langsung kegiatan debat.

“Teman-teman masih menyiapkan proses lelang untuk proses penyiaran debat publik itu. Tapi rencananya akan menyiarkan secara langsung kegiatan debat publik itu. Bisa TV bisa radio,” jelas Misrawi. (umr)